USABILITY EVALUATION PADA WEBSITE STKIP PGRI PACITAN

Wira Dimuksa, Prih Diantono Abda’u, Jamilah Karaman

Abstract


Evaluasi terhadap situs web yang telah dibangun perludilakukan salah satunya untuk mengetahui bagaimanakegunaan (usability) situs web tersebut bagi pengguna.Evaluasi akan sangat bermanfaat bagi sebuahperguruan tinggi, sebagai salah satu dasarpengembangan situs web yang dimiliki. Tujuanpenelitian untuk mengetahui apakah penggunamerasakan efektifitas, efisiensi dan kepuasanpenggunaan situs web STKIP PGRI Pacitan.Penelitian ini mengambil sampel mahasiswa dan dosenSTKIP PGRI Pacitan serta masyarakat selakucalon/wali konsumen dari STKIP PGRI Pacitan yangsedang dan atau pernah menggunakan situs websitetersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalahpenelitian kuantitatif dengan metode survei.Hasil analisis menunjukkan bahwa dari usabilityevaluation pada website STKIP PGRI Pacitan dalamkategori kurang, karena total rata-rata dari hasil uji 0,5.Skor terendah ada pada Satisfaction dan Efficiency yangberarti website STKIP PGRI Pacitan belum memberikankepuasan kepada sebagian besar pengunjung sertakurang efisien nya waktu yang digunakan olehpengunjung ketika membuka website tersebut.


Full Text:

PDF

References


Nugroho, Eko. 2009. Desain Situs Reader Friendly. Yogyakarta :Andi Offset.

Joanna. 2010. Penyusunan Usability Index Browser Internet.Skripsi. Surakarta : UNS.

Dumas, Joseph S dan Redish, Janice C (1999) . A Practical Guideto Usability Testing. Intellect

Anonymous. 1998. International Standard ISO 9241-11.Switzerland Internet central@iso.ch

A. H. Al-Badi, A. O. Al Majeeni, P. J. Mayhew, and A. S. Al-Rashdi “Improving Website Ranking through Search EngineOptimization,” Journal of Internet and e-Business Studies, vol.2011, pp. 1–11, Jan. 2011

Pressman, Roger S. Software Engineering: A Practitioner’sApproach Edke-6. Boston (US): McGraw Hill

Jacob Nielsen, Usability 101: Introduction to Usability. Sumber:http://www.useit.com/alertbox/ 20030825.html

Karat, C. A comparison of user interface evaluation method”(Nielsen, J. & Mack, R) , Usability. 1994.

Notoatmodjo, Soekidjo, 2005, Metodologi Penelitian Kesehatan,Jakarta : Rineka Cipta.

Reviere, Rebecca. 1996. Needs Assessment: A Creative andPractical Guide for Social Scienties. Taylor&Francis. ISBN 1-56032-376-0, 9781560323761. Page 50.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.