TES KEGUNAAN (USABILTY TESTING) PADA APLIKASI KEPEGAWAIAN DENGAN MENGGUNAKAN SYSTEM USABILTY SCALE (STUDI KASUS : DINAS PERTANIAN KABUPATEN BANDUNG)

Bambang Pudjoatmodjo, Rahmadi Wijaya

Abstract


Perangkat lunak atau dikenal sebagai software  adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan  dan diatur oleh komputer. Data yang disimpan dapat  berupa program atau sekumpulan instruksi yang  dapat difungsikan untuk menjalankan perintah.  Dengan adanya software, manusia dapat  berkomunikasi dengan perangkat keras komputer  sehingga perangkat keras komputer dapat mengolah  data dan mengeluarkan informasi yang diinginkan  oleh pengguna.

Pembangunan software kepegawaian merupakan  kelanjutan dari penelitian yang telah dilakukan di  Dinas Pertanian Kabupaten Bandung. Perangkat  lunak kepegawaian yang dibangun merupakan model  awal yang nantinya akan dikembangkan lebih lanjut.  Model awal dari Perangkat lunak ini menekankan  kepada kelola pada data pegawai dengan  mengintegrasikan tiga basisdata sesuai dengan  penelitian pembangunan proses extractiontransformation-  loading(etl). Menggunakan file  compare untuk integrasi tiga domain yang telah  dilakukan. Pembangunan perangkat lunak kelola  data pegawai tidak hanya fokus pada selesainya  produk. Ada hal lain yang dilakukan, yaitu tes  kegunaan (usability testing). Tes kegunaan ini  diperlukan untuk mengevaluasi produk yang telah  dibuat. Tes kegunaan ini menggunakan metode  System Usability Testing (SUS)yang memeberikan  hasil yang memadai berdasarkan pertimbangan  jumlah sampel yang kecil, waktu dan biaya. Hasil  dari perhitungan SUS akan dikonversikan ke dalam  sebuah nilai. Hasil konversi ini akan memberikan  informasi aplikasi yang dibuat layak atau tidak layak  untuk diterapkan.

Nilai yang diperoleh untuk aplikasi yang dibuat  adalah 73,4. Nilai yang diperoleh mempunyai indeks  B dan ini memberikan informasi bahwa aplikasi  layak untuk diterapkan di dinas pertanian kabupaten  bandung.  


Full Text:

PDF

References


Nugroho Setyabudhi Ibrahim, , Takariyana Heni A., 2004, Perancangan Data Warehouse Pada Pusat Data dan Informasi Pertanian, Tesis Magister Manajemen Informasi Universitas Bina Nusantara, Jakarta

Aaron Bangor, Philip T. Kortum dan James T. Miller” An Empirical Evaluation of the System Usability Scale”, pages 574-594, Publishing models and article dates explained, Published online: 30 Jul 2008.

Bambang Gito,”Menguji Kegunaan Aplikasi Mobile Eco Driving Pertamina”, Skripsi,2015

https:// usability.gov

John Brooke,” SUS - A quick and dirty usability scale”, Redhatch Consulting Ltd.,12 Beaconsfield Way,Earley, Reading Rg6 2ux,United Kingdom

Jeff Sauro, “Measuring Usability With The System Usability Scale (SUS)”, http://www.measuringu.com/sus.php,2011

Ian,Sommerville, “Software Engineering, Jilid 1, Edisi 6, Penerbit Erlangga”, Jakarta, 2003

Jeff Sauro, " A Single-Item Measure of Website Usability: Comments on Christophersen and Konradt (2011) Interacting with Computers, Special Issue: Commentary on Scale Derivation”, 25 (4): 302- 303,2013

Achmad Zanbar Soleh,” Ilmu Statistika, Cetakan Pertama, Penerbit Rekayasa Sains”, Bandung, 2005


Refbacks

  • There are currently no refbacks.