PEMBUATAN APLIKASI PERMAINAN OTHELLO 16X16 BERBASIS DESKTOP DENGAN ALGORITMA ALPHA BETA PRUNNING

Andrean Nurdiansyah, Bayu Trisna Pratama, Lalu M. Afif Farhan

Abstract


Perkembangan permainan terutama di dunia desktop terlihat sangat pesat, hal ini dapat dilihat dari banyaknya developer permainan yang bermunculan. Implementasi algoritma AI dalam permainan komputer menjadi salah satu topik yang terus menerus dikembangkan. Salah satu permainan yang membutuhkan AI adalah permainan Othello yang merupakan permainan asah otak. Dalam permainan ini 2 pemain beradu pikiran untuk memperoleh keping terbanyak di akhir permainan. Algoritma Alpha Beta Prunning adalah salah satu algoritma AI yang cocok untuk digunakan dalam permainan ini. Algoritma ini digunakan agar pohon permainan yang terjadi tidak banyak mengingat banyaknya kemungkinan permainan yang bisa terjadi dalam permainan Othello 16x16 ini.


Full Text:

PDF

References


Handayani, Mauza Saputri, Dedy Arisandi, and Opim Salim Sitompul, 2012. Rancangan Permainan Othello Berbasis Android Menggunakan Algoritma Depth-First Search, Dunia Teknologi Informasi-Jurnal Online 1.1. Argentahardi, Bina, Setyowati, Rizky Yuniar Hakkun, Yuliana, dan Rosyid Mubtadai, Nur, 2011, Aplikasi Multiplayer Mobile Game Othello Dengan Menggunakan Bluetooth Sebagai Media Koneksi (Online), (update 4 Februari 2011 at 03:09), http://repo.eepisits. edu/605/1/1218.pdf [Accessed 29 November 2015]. Rose, Brian, 2004. Othello: A Minute to Learn A Lifetime to Master, Connecticut: Anjar Co. Siswanto, 2010. Kecerdasan Tiruan, Cetakan Pertama, Edisi Kedua, Yogyakarta: Graha Ilmu. Millington, I. & Funge, J, 2009. Artificial of Intelligence for Games, Second Edition, Massachusetts: Morgan Kaufmann Publishers. Jones M.T. 2008. Artificial Intelligence A System Approach. New Delhi : Infinity Science Press LLC. Russell, S.J. and Norvig, P. 2010. Artificial Intelligence A Modern Approach, Third Edition. New Jersey : Prentice Hall.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.