METODE PENGAMANAN PESAN MENGGUNAKAN KOMBINASI ALGORITMA KRIPTOGRAFI AES, HILL CIPHER, ONE TIME PAD, DAN ENIGMA

Machtal Nuar Selwa Perdana, Trisno Ari Bowo

Abstract


Perkembangan teknologi yang begitu pesat memungkinkan manusia dapat berkomunikasi dan saling bertukar informasi atau data dengan jarak jauh. Antar kota antar provinsi antar negara bahkan antar benua bukanlah suatu kendala lagi dalam melakukan komunikasi dan pertukaran data. Seiring dengan itu tuntutan akan keamanan terhadap kerahasiaan informasi yang saling dipertukarkan semakin meningkat. Oleh karena itu dikembangkanlah cabang ilmu yang mempelajari tentang cara-cara pengamanan data atau lebih dikenal dengan istilah kriptografi. Untuk mengatasi permasalah keamanan tersebut penulis merancang pengamanan data menggunakan metode kriptografi. Rancangan kriptografi ini menggunakan empat algoritma dalam mengenkripsi dan pendekripsian pesan, yaitu, algoritma advance encryption standart, hill cipher, one time pad dan sandi Enigma.


References


Sadikin, Rifki. "Kriptograf i untuk Keamanan Jaringan dan Implementasinya Dalam Bahasa Java", ANDI, Yogyakarta, 2012.

Puspita, Khairani. Wayahudi, M. Rhifky , Analisis Kombinasi Metode Caesar Cipher, Vernam Cipher, Dan Hill Cipher Dalam Proses Kriptografi, Jurnal Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia ,2015.

www.ascii-code.com, ASCII Code - The extended ASCII table, 2015

Ripanti, Eva Faja. Maula, Alfred Nobel, Rancangan Bangun Enkripsi Dengan Metode RC Untuk Keamanan Data Dengan Menggunakan Visual Basic 6.0, Jurnal FASILKOM vol.4, 2006.

http://enigmaco.de, Enigma Simulation.

Munir , Renaldy, Kriptografi, Informatika, Bandung, 2006.

www.movable-type.co.uk, AES Advanced Encryption Standard.

massey.limfinity.com, Hill Cipher.

M, Nuryatin Dewi, Advanced Encryption Standard(AES), Universitas Aki Semarang, 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.