MODEL GAMIFIKASI UNTUK SISTEM MANAJEMEN PEMBELAJARAN

Arif Prambayun, M. Suyanto M. Suyanto, Andi Sunyoto

Abstract


Model gamifikasi untuk sistem manajemen pembelajaran merupakan upaya untuk menjawab tantangan dalam Elearning yaitu bagaimana mendapatkan ketertarikan dan perhatian dari peserta E-learning dimana sistem manajemen pembelajaran merupakan sebuah aplikasi yang dapat digunakan sebagai platform E-learning.

Model gamifikasi dirancang dengan melakukan analisis data proses pembelajaran dan analisis perilaku belajar mahasiswa. Model dibangun dengan menggunakan MDA Framework dan Studi kasus penelitian dilakukan pada perguruan tinggi AMIK Lembah Dempo Pagaralam.

Model gamifikasi menggunakan mekanik Storytelling, Completing Quest, Leveling Up, Achievement (Badge, Status, Final Point), Collecting Rewards, earn & Burn, competition (Leaderboard & Duel Quiz), Poking & reminder dan Forum Activity. Mekanik dirancang untuk mempengaruhi perilaku pemain agar proses pembelajaran pada organisasi terlaksana. Interaksi pemain dengan mekanik menimbulkan dinamika permainan, dan pada akhirnya menghasilkan aesthetic yang memberikan unsur kesenangan dan keterikatan pemain (player engagement) dalam melaksanakan proses pembelajaran tersebut.

 


Full Text:

PDF

References


B. de Almeida Pacheco, “Games and Learning Management Systems.”

K. M. Kapp, The gamification of learning and instruction: gamebased methods and strategies for training and education. John Wiley & Sons, 2012.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.

B. W. Sari, “Pembelajaran Tenses Bahasa Inggris Berbasis Web Dengan Menerapkan Konsep Gamification,” Tesis S2, STMIK AMIKOM, Yogyakarta, 2014.

I. Glover, “Play as you learn: gamification as a technique for motivating learners,” presented at the Proceedings of World Conference on Educational Multimedia, Hypermedia and Telecommunications, 2013.

J. Torrente, P. Moreno-Ger, I. Martínez-Ortiz, and B. Fernandez- Manjon, “Integration and Deployment of Educational Games in Elearning Environments: The Learning Object Model Meets Educational Gaming.,” Educ. Technol. Soc., vol. 12, no. 4, pp. 359–371, 2009.

G. Zichermann and C. Cunningham, Gamification by Design, 1st ed. Sebastopol: O’Reilly Media, Inc, 2011.

E. Effendi and H. Zhuang, E-learning, Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: ANDI, 2005.

R. Hunicke, M. LeBlanc, and R. Zubek, “MDA: A formal approach to game design and game research,” in Proceedings of the AAAI Workshop on Challenges in Game AI, 2004, vol. 4.

J. Hamari and V. Eranti, “Framework for designing and evaluating game achievements,” Proc DiGRA 2011 Think Des. Play, vol. 115, pp. 122–134, 2011.

T. Sala, “Game Design Theory Applied: A Layered Rewards System,” Gamasutra, 15-Dec-2013. [Online]. Available: http://www.gamasutra.com/blogs/ToniSala/20131215/207064/Ga me_Design_Theory_Applied_A_Layered_Rewards_System.php. [Accessed: 05-Oct-2015].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.