RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PELAYANAN DESA TAMANSARI KECAMATAN LICIN BANYUWANGI BERBASIS WEB

Eka Mistiko Rini, Farizqi Panduardi, Fatah Romansah

Abstract


Seiring berkembangnya kemajuan teknologi mengakibatkan kebutuhan pengolahan data yang cepat, akurat, mudah dan praktis menjadi sebuah tuntutan, sehingga saat ini mayoritas lembaga sudah memanfaatkan sistem pengelolaan data yang terkomputerisasi. Tidak terkecuali pengelolaan data dilembaga pemerintahan desa, setiap Desa diwajibkan memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada masyarakat dibidang pembuatan surat, pembayaran pajak, pendataan pendukuk dan keperluan lain yang terkait dengan pelayanan di kantor desa. Tetapi sebagian besar proses pelayanan tersebut masih dilakukan secara konvensional yaitu pelayanan surat menyurat dan pengelolaan data masih menggunakan program pengolah kata(Ms. Office), sehingga pada prosesnya membutuhkan waktu yang lebih untuk melakukan pelayanan dan dokumentasi berkas surat kurang teradministrasi dengan baik. Oleh karena itu penulis mencoba membuat perancangan sistem informasi pelayanan desa berbasis website yang akan diterapkan di Desa Tamansari. Website ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai pendukung sistem manajemen basis data. Sistem informasi pelayanan desa ini dibuat berbasis website yang dapat digunakan secara online, jadi masyarakat Desa bisa menikmati layanan Desa dengan lebih cepat dan mudah karena sistem layanan bisa diakses dari manapun juga. Diharapkan dengan adanya sistem informasi pelayanan desa ini, bisa meningkatkan kualitas proses pelayanan kepada masyarakat di desa Tamansari.


Full Text:

PDF

References


Supriyanto, Aji, Pengantar Teknologi Informasi, Salemba Infotek, Jakarta, 2005.

Ariadi, Irman, Sistem Informasi desa dan pembangunan karakter kebangsaan, http://lumbung.combine.or.id/2015, diakses pada: 14 Oktober 2015

jogiyanto, Analisis dan Desain Sistem Informasi, yogyakarta, penerbit Andi, 2005.

Setiawan, Benny, Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Desa Berbasis Client-Server, Program Studi Teknik Informatika FTI- UKSW, 2013.

Sommerville, I., Software Engineering 9th Edition. Addison- Wesley, 2011.

Jogiyanto, H.M. Analisis & Desain Sistem Informasi: Pendekatan terstruktur teori dan praktek aplikasi bisnis. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta, 1999.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.