PERANCANGAN BISNIS TOKO ONLINE UNTUK MEMPERLUAS PANGSA PASAR AKSESORIS PRODUK ROHANI

Sandy Kosasi

Abstract


menumbuhkan peluang dan implikasi penting terjadinya transformasi transaksi bisnis dan menjadi bagian penting meningkatkan produktivitas perusahaan. Perancangan bisnis toko online dapat ikut membantu pertumbuhan perekonomian daerah tanpa investasi yang besar. Tujuan penelitian menghasilkan sebuah sistem untuk menerapkan bisnis secara online khusus aksesoris produk-produk rohani. Bentuk penelitian survei dengan menggunakan metode R&D (Research & Development). Hasil perancangan sistem memberikan kemudahan bagi pengguna karena dibuat dengan interface yang mudah digunakan dan dapat memiliki sejumlah seperti fasilitas pengelolaan data profil pelanggan, penjualan untuk semua item produk, informasi deskripsi barang secara detil, semua pemesanan barang (produk) secara online hingga konfirmasi dan validasi pembayaran. Prototipe sistem aplikasi ini dapat menjadi platform untuk menjalankan usaha bisnis toko online bagi UMKM sehingga dapat membantu masyarakat dalam menumbuhkembangkan usaha mereka tanpa terbatas kepada wilayah, lokasi, dan batasan segmentasi pasar sasaran.


Full Text:

PDF

References


B. Andromachi, & F. Panos, “Online Trust: The Influence of Perceived Company’s Reputation on Consumers’ Trust and the Effects of Trust on Intention for Online Transactions,” Journal of Service Science and Management, Issue 5, pp. 365-372, 2012.

M. Alireza, et.al.,“A Survey of the Effect of Social Media Marketing on Online Shopping of Customers by Mediating Variables,” Journal of Service Science and Management, Issue 7, pp. 368-376, October 2014.

K. Sandy, “Pembuatan Bisnis Toko Online Sebagai Peluang Usaha Menumbuhkan Pasar Global,” Prosiding Seminar Nasional Teknologi Komputer (SENATKOM), LPPM Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang, 23 Oktober 2015.

K. Sandy, “Pembuatan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Untuk Memperluas Pangsa Pasar,” Seminar Nasional Teknologi dan Informatika (SNATIF), Vol. 1, Universitas Muria Kudus, pp. 225-232, 23 Agustus 2014.

H. Drew, P. Lara, & S. Rong An, “A Comprehensive Framework for Online Store Functionalities,” Issues in Information Systems, Vol. 13, Issue 2, pp. 336-345, 2012.

L. Ting-Peng & L. Hung-Jeng, “Electronic Store Design and Consumer Choice: an Empirical Study,” Proceedings of the 33rd Hawaii International Conference on System Sciences, pp. 1-10, 2000.

A. Moudi, “Barriers to E-Commerce Adoption: Consumers’ Perspectives from a Developing Country,” iBusiness, Issue 5, pp. 65-71, 2013.

S. Ricky, & A. Adrian, “Effects of Perceived Trust and Perceived Price on Customers’Intention to Buy in Online Store in Indonesia,” Asean Marketing Journal, Vol. IV, No. 1, pp. 26-36, June 2012.

C. Vincent, & L. Candy, “An Integrative Framework forCustomizations on Satisfaction: The Case ofan Online Jewelry Business in China,” Journal of Service Science and Management, Issue 7, pp. 165-181, 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.