OPTIMASI QUERY UNTUK PENCARIAN DATA MENGGUNAKAN PENGURAIAN KALIMAT

Ardi Sanjaya

Abstract


Efektifitas dalam pencarian data sangat mutlak diperlukan. Salah satu permasalahan yang dihadapi penulis dalam hal pencarian data pada database yaitu ketika mencari suatu data dengan kata kunci sebanyak 2 atau lebih (berupa kalimat) serta susunannya terbalik, maka jika kunci tersebut langsung digunakan sebagai pencarian maka cakupan pencarian akan menjadi terbatas dan tidak menemukan hasil. Penelitian ini mencoba melakukan optimasi query untuk pencarian data yaitu dengan menguraikan kalimat yang dijadikan acuan pencarian menjadi kata kunci dan di kombinasikan dengan operator OR pada syarat pencarian. Dengan penguraian kalimat dan kombinasi operator OR pada syarat pencarian menjadikan cakupan pencarian lebih luas. Berdasarkan hasil, diperoleh bahwa pencarian data menggunakan penguraian kalimat menjadi kata kunci sebagai syarat pencarian lebih bisa menemukan data yang dimaksud. Dan jika susunan kata pada kalimat yang dijadikan acuan pencarian terbalik maka masih mampu menemukan data yang dicari.

Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu melengkapi proses pencarian dengan seleksi tingkat kemiripan dan hanya menampilkan hasil yang memiliki tingkat kemiripan yang besar sehingga diperoleh hasil yang lebih optimal.


Full Text:

PDF

References


Tama, G A, Optimasi Model Query Pada Sistem FAQ Di Suara Warga Universitas Negeri Semarang, http://lib.unnes.ac.id/20570/1/5302411232-S.pdf, diakses 7 Juli 2015.

Aripin, Meningkatkan Efektifitas Pengelolaan Database Dengan Optimasi Query, http://dinus.ac.id/wbsc/assets/dokumen/majalah/MENINGKATKA N_EFEKTIFITAS_PENGELOLAAN_DATABASE_DENGAN_OP TIMASI_SQL.pdf, diakses 7 Juki 2015

http://kuliah.dinus.ac.id/edi-nur/sb1-7.html, diakses 23 Oktober 2015


Refbacks

  • There are currently no refbacks.