ANALISIS TERHADAP HASIL PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN SYNCHRONOUS DAN ASYNCHRONOUS

I Wayan Gede Narayana

Abstract


Penelitian ini memiliki fokus kepada metode pembelajaran Synchronous dan Asynchronous yang digunakan dilihat dari hasil yang digunakan dan kualitas ilmu yang diperoleh, dimana terkadang nilai dari hasil evaluasi serta kualitas ilmu yang diperoleh akan sangat berpengaruh dengan metode pembelajaran yang digunakan. Dimana penelitian ini akan lebih menekankan apakah ada pengaruh yang ditimbulkan dalam menggunakan metode pembelajaran Synchronous dan Asynchronous dari hasil evaluasi belajar dan ilmu yang didapatkan.Dalam hal ini dilakukan analisis terhadap hasil pembelajaran dari sample 5 mata kuliah yang diambil dengan menggunakan rata-rata tiap mata kuliah dimana didapat bahwa hasil rata-rata untuk metode pembelajaran Synchronous lebih baik sebanyak 2,2 point dripada metode pembelajaran Asynchronous.Hasil yang diperoleh dari kuesioner yang disebarkan, dari 4 faktor yang diukur ternyata semuanya mendapatkan hasil baik bahwa diperoleh dari metode pembelajaran Synchronous dan Asynchronous dan responden menyatakan sangat setuju bahwa metode tersebut mendapatkan hasil yang tidak jauh berbeda


Full Text:

PDF

References


Adekunle I. Obasa, Adekunle A. Eludire, Tajudeen A. Ajao, “A Comparative Study Of Synchronous and Asynchronous E- Learning Resources,”International Journal of Innovative Research in Science,Engineering and Technology, pp. 5938- 5946, Vol. 2, Issue 11, November 2013

Coogle Christian, Kim Floyd,”Synchronous and Asynchronous Learning Environments of Rural Graduate Early Childhood Special Educators Utilizing Wimba© and Ecampus,”MERLOT Journal of Online Learning and Teaching, pp. 173 – 187,Vol. 11, No. 2, June 2015

Hosier, Allison, “Using Team-Based Learning in an Online, Asynchronous Information Literacy Course,” Journal of library innovation, Vol 4,No 2, 2013

Lewis, J. and A. Clarke, "Synchronous Learning and Web-Based Communication With Adobe Acrobat," Multimedia Information & Technology 35(4): 8-9, 2009

Sanjaya, W,. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group, 2010

Quinn, Andrew, Philips,Amy. “Online Synchronous Technology for employee and client related activities in rulal communities,” Journal of thecnology in human service 28:240-251,2010


Refbacks

  • There are currently no refbacks.