APLIKASI PENGELOLAAN PROPOSAL KEGIATAN KEMAHASISWAAN DI UNIVERSITAS TELKOM

Lusi Husriana Nova, Wardani Muhamad

Abstract


Unit Kegiatan dan Fasilitas yang berada dibawah naungan Bagian Kemahasiswaan Universitas Telkom mempunyai tugas untuk memfasilitasi sarana prasana kegiatan, memproses seluruh masuknya proposal pengajuan dana kegiatan, laporan pertanggung jawaban (LPJ) dan mengelola keluarnya dana kegiatan untuk organisasi kemahasiswaan (ormawa). Dalam menjalankan tugasnya cukup banyak kendala yang dihadapi, yaitu: sulitnya menentukan prioritas proposal yang harus dieksekusi terlebih dahulu, sulitnya melakukan rekapitulasi proposal dan LPJ yang masuk, serta tidak dapat memprediksi kebutuhan anggaran kegiatan kemahasiswaan karena tidak adanya Rencana Kegiatan Tahunan dan Anggaran (RKAT) ormawa.

Aplikasi berbasis web dan SMS Gateway untuk pengelolaan proposal kegiatan kemahasiswaan merupakan sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk membantu Bagian Kemahasiswaan Universitas Telkom dalam melakukan pengelolaan kegiatan kemahasiswaan. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan model pengembangan perangkat lunak waterfall meliputi: analisis kebutuhan perangkat lunak perancangan, pembuatan kode (coding), dan pengujian perangkat lunak.. Aplikasi website dibangun dengan menggunakan PHP, MYSQL, Sedangkan SMS Gateway dibangun menggunakan Gammu.

Untuk memastikan setiap fungsionalitas / fitur pada aplikasi berjalan dengan baik dan sesuai kebutuhan, maka dilakukan pengujian untuk setiap fungsionalitasnya menggunakan teknik pengujian blackbox. Karakter utama pengujian blackbox adalah pengujian fungsionalitas dengan menggunakan berbagai kasus uji. Pada hasil akhir pengujian disimpulkan bahwa semua fungsionalitas yang dibangun dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan yang diidentifikasi pada tahap analisis kebutuhan perangkat lunak

 


Full Text:

PDF

References


Prof. Ir. Mochamad Ashari, M.Eng, PhD., “Organisasi Kemahasiswaan di Lingkungan Universitas Telkom”, November 2013.

J.L. Whitten, L.D. Bentley and K. C. Dittman, “Metode Desain dan Analisis Sistem”, Yogyakarta: Andi & McGraw-Hill Education, 2004.

E. Sutana, “Basis Data dalam Tinjauan Konseptual”. Yogyakarta: ANDI, 2011.

R. S. Pressman, “Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku satu)”, Yogyakarta, 2002.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.