SISTEM PAKAR DIAGNOSA AWAL PENYAKIT KULIT KUCING BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR (Studi Kasus: Lab Klinik “Klinik Hewan Jogja”)

Tutur Larasati, M. Rudyanto Arief

Abstract


 Media konsultasi ini merupakan aplikasi dari sistem pakar berbasis web dengan menggunakan fakta dan teknik penalaran dalam memecahkan masalah yang biasanya hanya dapat dipecahkan oleh seorang pakar dalam bidang tertentu. Sistem pakar memberikan nilai tambah pada teknologi untuk membantu dalam menangani era informasi yang semakin canggih. Aplikasi sistem pakar ini menghasilkan output berupa program aplikasi yang dapat digunakan untuk mendiagnosa kemungkinan penyakit kulit pada hewan kucing berdasarkan gejala yang diinputkan oleh user. Sistem ini juga menampilkan besarnya kepercayaan gejala tersebut terhadap penyakit kulit yang diinputkan oleh user. Pengujian sistem menunjukkan bahwa sistem mampu melakukan diagnosa penyakit kulit kucing berdasarkan gejala-gejala yang diderita pasien meskipun gejalagejala tersebut mengandung ketidakpastian. Hasil diagnosa disertai nilai Certainty Factor yang menunjukkan tingkat kebenaran, keakuratan dari kemungkinan penyakit kulit pada kucing.


Full Text:

PDF

References


Palguna, David., Jusak, Erwin Sutomo. Jurnal Sistem Informasi Situs Jurnal: JSIKA Vol 3, No 1 (2014) ISSN 2338-137X. http://jurnal.stikom.edu/index.php/jsika, diakses tanggal 10 April 2015.

Sibghotallah, Zulfa Afifah. Sistem Pakar Pemilihan Obat pada Pasien Hipertensi Berbasis Web Menggunakan Metode Certainty factor. Skripsi. Yogyakarta: STMIK Amikom. 2014.

Syatibi, Ahmad. Sistem Pakar Diagnosa Awal Penyakit Kulit Sapi Berbasis Web dengan Menggunakan Metode Certainty factor. Tesis. Semarang: Universitas Diponegoro. 2012.

Kusumaningrum, Amanda Wahyu. 2013. https://metodepenelitianhlw124a2.files.wordpress.com/2015/04/am anda-wahyu-kusumaningrum_lengkap.pdf, diakses pada tanggal 27 November 2015.

Sujoto, T., Edy M., Vincent S. Kecerdasan Buatan. Yogyakarta: Andi Offset. 2011


Refbacks

  • There are currently no refbacks.