APLIKASI GAME TIC TAC TOE 6X6 BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ALGORITMA MINIMAX DAN HEURISTIC EVALUATION

Ever Jayadi, Muhammad Aziz Fatchur Rachman, Muhammad Yuliansyah

Abstract


Kemampuan otak manusia dapat dilatih dengan berbagai macam cara yang menyenangkan, salah satunya adalah dengan permainan yang mengasah otak seperti tic-tac-toe Namun belakangan ini tic-tac-toe makin banyak dilupakan oleh berbagai kalangan. Bukan karena permainan ini sulit, namun karena pemain biasanya kesulitan mencari lawan yang bisa diajak untuk bermain tic-tac-toe dimanapun dan kapanpun. Sebab permainan ini membutuhkan setidaknya 2 orang untuk bermain dan media tulis untuk menggambarkan papan permainan. Dikarenakan dua kendala ini, maka kami menemukan sebuah solusi yaitu dengan membuat sebuah aplikasi Android yang memiliki kemampuan berpikir (Kecerdasan Buatan) untuk diajak bermain tic-tac-toe pada perangkat Android. Dalam membuat aplikasi ini, kami menggunakan algoritma MiniMax yang dikombinasikan dengan Heuristic Evaluation untuk memperoleh kemampuan berpikir yang memadai untuk dijadikan lawan main. Pemilihan algoritma ini karena dengan algoritma ini, perangkat dengan spesifikasi rendah pun dapat menjalakan aplikasi ini sebab perulangan dalam algroitma ini hanya mengeksekusi kemungkinan terbaik saja. Hasil dari aplikasi ini adalah sebuah perangkat lunak yang interaktif dengan pengguna dan dapat dijadikan lawan bermain tic-tac-toe dimanapun dan kapanpun tanpa perlu risih membawa kertas atau media lain untuk menjadi papan permainan dan juga tidak perlu bingung dalam mencari lawan main.


Full Text:

PDF

References


http://zikky.lecturer.pens.ac.id/Project203/Paper20Minmax.pdf.

Suyanto, Artificial Intelligent, Bandung:Informatika, 2007.

Kevin McGee, “Advance Game Programming : AI”, Desember 9, 2005.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.