PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN MATA KULIAH MENGGUNAKAN TEOREMA BAYES DI STMIK AMIKOM YOGYAKARTA

Juliana Patricia K. Sarimin, Paundra Hardantio, Widha Anggy Prasetyo

Abstract


Demam game online sedang merambah ke seluruh dunia. Hampir semua kalangan memiliki ketertarikan yang tinggi kepada game online. Pengaruh yang disebabkan olah game online inilah yang menjadi acuan dilakukannya observasi terhadap tingkat pemahaman mata kuliah yang didapatkan oleh mahasiswa perguruan tinggi. Sistem pakar adalah salah satu cabang kecerdasan buatan yang menggunakan pengetahuan khusus untuk memecahkan masalah pada tingkat human expert. Pada makalah ini dilakukan perancangan dan pembuatan sistem pakar yang digunakan untuk mengukur tingkat pengaruh masalah dalam menentukan keputusan yang diawali dari gejala utama dari penyebab kecanduan game online serta menentukan ada atau tidaknya pengaruh yang besar terhadap tingkat pemahaman mata kuliah di STMIK AMIKOM Yogyakarta. Masalah ketidakpastian pengetahuan dalam penelitian ini diatasi dengan menggunakan metode probabilitas Bayesian. Proses penentuan gejala dalam sistem pakar ini diawali dengan sesi komunikasi, dimana sistem akan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang relevan kepada responden sesuai tema penelitian. Hasil akhir dari makalah ini adalah sebuah sistem pakar untuk melakukan pengukuran pengaruh game online terhadap tingkat pemahaman mahasiswa pada mata kuliah beserta nilai probabilitas dari pengaruh hasil gejala yang menunjukkan tingkat kepercayaan sistem terhadap pengaruh tersebut dan saran atau solusi kepada responden yang mengalami kecanduan game online.


Full Text:

PDF

References


Mukodin. 2008. Internet dan Kehidupan

Rahmat. 2012. Game Online untuk anak - anak

Angela. 2013. E-jurnal Ilmu Komunikasi. Vol. 1, no. 2, Hal: 532- 544

Kusumadewi, S. 2003. Artificial Intelligent (Teknik dan Aplikasinya). Yogyakarta: Graha dIlmu. p.109

LaQuey, Tracy. 1994. Sahabat Internet. ITB Bandung: Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.