METODOLOGI BARU UNTUK PERENCANAAN PENGGUNAAN LAHAN INDUSTRI BIODISEL BERKELANJUTAN DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITME GENETIKA TUJUAN JAMAK

Firdaus Prawiradisastra, Yandra Arkeman, Agus Buono

Abstract


Permasalahan Penggunaan lahan biodisel merupakan permasalahan yang kompleks, pada tulisan ini dilakukan percobaan untuk menguji permasalahan perencanaan penggunaan lahan biodisel, fungsi tujuan yang akan dilakukan optimasinya ada tiga buah, yaitu faktor keuntungan yang diperoleh dari penelitian Shaygan [1], fungsi penyerapan emisi CO2 yang diperoleh dari penelitian Datta et al [2] dan fungsi faktor kesuburan tanah diperoleh dari modifikasi rumus Shaygan [1] dan Datta et al [2] . Representasi dari kromosom juga mengikuti dari representasi kromosom pada penelitian Shaygan [1]. Pada tulisan ini jenis tanaman biodisel yang digunakan dibatasi sampai 3 jenis tanaman dan jenis lahan dibatasi sampai 4 jenis lahan dan data yang digunakan dalam bentuk numerical example untuk memperlihatkan kemampuan sistem, pengujian dilakukan dengan menggunakan kromosom 2x2.Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa permasalahan perencanaan penggunaan lahan merupakan permasalahan yang kompleks yang tidak bisa dicari hanya menggunakan metode pencarian biasa saja. Metode komputasi cerdas algoritme genetika tujuan jamak layak digunakan untuk mengatasi permasalahan ini.


Full Text:

PDF

References


M. Shaygan, A. Alimohammadi, A. Mansourian, Z. S. Govara, and S. M. Kalami, “Spatial multi-objective optimization approach for land use allocation using nsga-ii,” IEEE, 2014.

D. Datta, K. Deb, C. M. Fonseca, F. Lobo, and P. Condado, “Multiobjective evolutionary algorithm for land-use management problem,” International Journal Computational Intelligence Research vol.3, 2007..

Y. Arkeman, K. B. Seminar, and H. Gunawan, ALGORITMA GENETIKA Teori dan Aplikasinya untuk Bisnis dan Industri. IPB Press, 2012..

Y. Arkeman, Y. Herdiyeni, I. Hermadi, and G. F. Laxmi, ALGORITMA GENETIKA Tujuan Jamak (Multi-Objective Genetic Algorithms): Teori dan Aplikasinya untuk Bisnis dan Agroindustri. IPB Press, 2013.

M. Wise, E. L. Hodson, B. K. Mignone, L. Clarke, S. Waldhoff, and P. Luckow, “An approach to computing marginal l and use change carbon intensities for bioenergy in policy applications,” ELSEVIER (Science Direct), 2015.

A. Mulyani and I. Las, “Potensi sumber daya lahan dan optimalisasi pengembangan komoditas penghasil bioenergi di indonesia,” Jurnal Litbang Pertanian, 2008.

M.amin, C. Hanum, and Charloq, “Kandungan hara tanah dan tanaman kelapa sawit menghasilkan terhadap pemberian tandan kosong kelapa sawit (tkks) dan kedalaman biopori,” Jurnal Online Agroekoteknologi, 2015.

E. Astuti, “Pengaruh konsentrasi katalisator dan rasio bahan terhadap kualitas biodiesel dari minyak kelapa,” Jurnal Rekayasa Proses, 2008.

K. Deb, Multi-Objective Evolutionari Optimisation for Product Design and Manufacturing, L. Wang, A. H. C. Ng, and K. Deb, Eds. Springer London, 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.