EVALUASI WEB UJB MENGGUNAKAN GOLDEN RULES OF USER INTERFACE DESIGN THEO MANDEL

Alimuddin Yasin1, Yumarlin MZ

Abstract


Kegagalan suatu sistem salah satunya karena kesalahan user interface yang terlalu rumit. User interface yang rumit justru membuat pengguna menjadi bingung untuk menggunakan sistem. Penelitian ini bertujuan melakukan evaluasi terhadap desain antar muka (interface) Website Universitas Janabadra Yogyakarta yang selanjutnya disingkat dengan Web UJB. Evaluasi user interface Web UJB mengunakan pendekatan golden rule of user interface design Theo Mandel. Dalam golden gules of user interface design” terbagi menjadi tiga hal yaitu menempatkan pengguna sebagai kontrol, memudahkan pengguna untuk mengingat, dan konsistensi antarmuka. Sehingga dengan evaluasi ini bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan dan referensi pada desain maupun kinerja dari Web UJB. Berdasarkan hasil evaluasi menyatakan bahwa secara umum desain interface dan kemudahan pengguna (usability) dari website Universitas Janabadara Yogyakarta sudah baik, namun masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki terutama dalam karakteristik menu dan submenu penguna.


Full Text:

PDF

References


IBISA, Keamanan Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2011.

Direktorat keamanan Informasi, Panduan Keamanan Web Server. Telematika, 2012

I. Santoso, Interaksi Manusia dan Komputer Edisi 2. Penerbit Andi, 2009.

D. T. Bauer, S. Guerlain, and P. J. Brown, “The design and evaluation of a graphical display for laboratory data,” J Am Med Inform Assoc, vol. 17, no. 4, pp. 416–424, Aug. 2010.

H. Huang and H.-H. Lai, “Factors influencing the usability of icons in the LCD touchscreen,” Displays, vol. 29, no. 4, pp. 339– 344, Oct. 2008.

D. Caesaron, “Evaluasi Desain Antar Muka (Interface) dengan Menggunakan Pendekatan Kemudahan Penggunaan (Studi Kasus Portal Mahasiswa Universitas X),” presented at the National Industrial Engineering Conference, Universitas Surabaya, 2013, pp. 8–14.

M. Husni, “ANALISIS WEBSITE SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER PRADNYA PARAMITA MALANG (www.pradnya.ac.id) BERDASARKAN SEGI USABILITY, VISUALIZATION, FUNCTIONALITY DAN ACCESSIBILITY,” DINAMIKA DOTCOM, vol. 4, no. 1, Jan. 2013.

P. Istiana, “Evaluasi Usability Situs Web Perpustakaan,” Visi Pustaka, vol. 13, no. 3, pp. 5–10, 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.