PERANCANGAN BASIS DATA PENCAIRAN DANA ORGANISASI MAHASISWA STMIK AMIKOM YOGYAKARTA

Atik Nurmasani, Rakhma Shafrida Kurnia, Ika Asti Astuti, Ekastini Ekastini, M. Nur Aminudin, Muhammad Riandi W

Abstract


Dalam pembuatan aplikasi pencairan dana, dibutuhkan perancangan basis data untuk mendukung proses tersebut. Tahap perancangan basis data memiliki banyak tipe model. Pemilihan tipe model tersebut menentukan bagaimana gambaran proses aliran data pada aplikasi. Perancangan basis data pencairan dana ini, menggunakan pendekatan model Entity Relationship Diagram (ERD). Diawali dengan perancangan ERD kemudian diimplementasikan ke relasi database. Dilakukan pula analisis terhadap relasi tabel, yaitu analisis aspek-aspek basis data (konsistensi, relevansi,kebenaran, tingkat detail dan kemampuan untuk diintegrasikan ) dan analisis manfaat bagi Senat Mahasiswa dan Bagian Kemahasiswaan sebagai pihak yang mengelola Organisasi Mahasiswa. Dengan demikian penelitian ini difokuskan pada perancangan basis data dalam proses pencairan dana Organisasi Mahasiswa di Bagian Kemahasiswaan.


Full Text:

PDF

References


Abdilllah, Leon, A. Perancangan Basisdata Sistem Informasi Penggajian. Jurnal Ilmiah MATRIK. 8(2):135-152. Palembang. 2006.

Abraham Silberschatz, Henry F. Korth, dan S. Sudarshan Database System Concepts, 4th Ed. 2001

lskandar, M., Henry, C., Aulia, A, Perancangan Database Sistem Informasi Akuntansi Menggunakan Kombinasi REA Model, Erd, Dan Normalisasi Data. Bina Ekonomi Majalah Ilmiah. 15(2):76,93, Universitas Katolik ParahyanganKristanto, Harianto. 1994. Konsep dan Perancangan Database. Penerbit Andi:Yogyakarta, 2001.

Kusrini. Strategi Perancangan dan Pengolahan Basis Data. Yogyakarta: ANDI. 2007.

Robby., Kwanentent, O., Wardana, F, M. Analisis dan Perancangan Basis Data untuk Mendukung Aplikasi ERP Education pada Bina Nusantara University. Universitas Bina Nusantara, 2009.

Whitten, J.L. and Bentley, L.D., Systems Analysis & Design Methods, 4th edition, Irwin/McGraw-Hill International Co., New York, 1998.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.