PROTOTIPE MONITORING DAN EVALUASI KINERJA DOSEN UNTUK MENUNJANG KEGIATAN TRIDHARMA PERGURUAN TINGGI(STUDI KASUS UNIVERSITAS ISLAM ATTAHIRIYAH)

Arisantoso Arisantoso, Moch Sanwasih, Didin Samsudin Adhuri

Abstract


Monitoring dan evaluasi kinerja Dosen di perguruan tinggi merupakan kegiatan secara rutin dilakukan tiap semester untuk menjamin terselenggaranya kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi secara berkala dan berkesinambungan.Universitas Islam Attahiriyah saat ini telah melakukan evaluasi kinerja Dosen, namun pada sistem yang berjalan masih menggunakan sistem konvensional. Metode paper ini menggunakan menggunakan sistem model Waterfall dan metode pengujian kualitas perangkat lunak seperti Focus Group Disscussion, hal ini dilakukan agar aplikasi dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Hasil dari paper ini adalah aplikasi simonev yang dapat diterapkan langsung untuksetiap Dosen yang nantinya dapat melaporkan kegiatan Tri Dharma nya secara rutin kepada Ketua Jurusan.


Full Text:

PDF

References


Dikti, Pedoman Beban Kinerja Dosen dan Evaluasi Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi, Depdiknas, Jakarta, 2010.

Djojodibroto R, Darmanto, Tradisi Kehidupan Akademik, Yogyakarta : Galang Press, 2004.

Moedjiono, Metode Penelitian, Penyusunan dan Penilaian Tesis (v.5), Jakarta: Universitas Budi Luhur, http://www.pascasarjana.budiluhur.ac.id/2012/10/pedoman-tesispps- ubl-v5-010112, diakses tanggal 11 Nopember 2013.

Mangkunegara, A.P, ManajemenSumberDayaManusia Perusahaan,Bandung :Rosdakarya, 2001

Prawirosentono, S, KebijakanKinerjaKaryawan, Edisi I, Yogyakarta: BPFE, 1999.

Pressman, S, Roger. Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 7th ed. Penerjemah. AdiNugroho, J, Leopold Nikijuluw George dan et.al. Yogyakarta: Andi, 2012.

Robbins, Stephen P, PerilakuOrganisasi:Konsep, Kontroversi, Aplikasi, Jilid I, Edisi Indonesia, Jakarta:Prenhalindo, 2002.

Suryana, Asep, Strategi Monitoring danEvaluasi (Monev) SistemPenjminanMutu Internal Sekolah, Bandung : UniversitasPendidikan Indonesia, http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR. _administrasi_pendidikan/197203211999031-asep_suryana/copy_ (2)_of_strategi_monitoring_dan_evaluasi.pdf.,diakses tanggal 11 Nopember 2013.

UU RI, Undang-undang No 15 Tentang Guru dan Dosen, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Jakarta, 2005.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.