PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI DATA WAREHOUSE PEMASARAN PADA CV. DIANDRA PRIMAMITRA MEDIA YOGYAKARTA

Arifin Arifin, Kusrini Kusrini, Emha Tufiq Luthfi

Abstract


Strategi pemasaran mempunyai peranan yang sangat penting untuk keberhasilan perusahaan umumnya dan pada bidang pemasaran khususnya. Disamping itu strategi pemasaran yang diterapkan harus ditinjau dan dikembangkan sesuai dengan perkembangan pasar, dengan demikian strategi pemasaran harus dapat memberikan gambaran yang jelas dan terarah tentang apa yang dilakukan perusahaan dalam menggunakan setiap kesempatan, guna menunjang hal tersebut maka dibutuhkan dukungan informasi yang cukup dan berkualitas sehingga perusahaan tersebut dapat menggali dan memprediksi potensi-potensi yang ada. Pembangunan data warehouse dan memanfaatkan OLAP dalam menganalisis data dengan pola penjualan marketing mix adalah alternatif solusi yang dapat dilakukan dalam penelitian ini untuk membantu organisasi khususnya dibagian pemasaran mencari dan memahami pola-pola tersembunyi (hidden pattern) dari data yang dimiliki perusahaan .


Full Text:

PDF

References


Warnars, S, “Tata Kelola Database Perguruan Tinggi yang Optimal dengan Data Warehouse,” Telkomnika. Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, 2010

Giat, K, “pengembangan data warehouse dan aplikasi On-line Analytycal Processing(OLAP) untuk penemuan informasi dan analisis data(studi kasus STMIK AMIKOM Purwokerto),” Tesis, STMIK AMIKOM Yogyakarta. 2011

Muyassir, A, “ perancangan dan implementasi data warehouse pada pondok pesantren Salafiyah Syafi’iyahSukorejo Situbondo,” Tesis, Universitas Gajah Mada, 2011

Rainardi, V, “ Building a Data Warehouse with Examples in SQL Server.” Apress:New York, 2008

Ponniah, P, “Data Warehouse Fundamentals: a Comprehensive Guide for IT profesional.” John Wilay end Sons, Inc, New York, 2001

Kotler, P, “Marketing Manajemen Analysis,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.