SISTEM REKOMENDASI PROMOSI HOTEL PADA WISATAWANMANCANEGARA BERBASIS DATA MINING

Anik Andriani

Abstract


Hotel merupakan salah satu dari akomodasi yang merupakan unsur penting dalam perkembangan dunia pariwisata. Promosi hotel ke mancanegara perlu dilakukan melihat banyaknya wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Indonesia khususnya Yogyakarta. Namun kegiatan promosi yang tidak efektif berdampak pada penggunaan biaya promosi yang tidak tepat dan tidak sesuai pasar. Sistem rekomendasi promosi hotel ke mancanegara berbasis data mining dibuat dengan melakukan proses clustering pada data tamu hotel di Yogyakarta dari wisman. Clustering dilakukan dengan algoritma k-Means. Hasil dari proses clustering berupa cluster data tamu hotel dari wisman berdasarkan waktu kedatangan dan asal negara, sehingga diperoleh waktu kedatangan wisman tertinggi, dan asal negara wisman tertinggi. Hasil tersebut diimplementasikan dalam membangun program rekomendasi promosi hotel untuk menentukan waktu yang tepat untuk melakukan promosi dan negara yang tepat untuk melakukan promosi.  


Full Text:

PDF

References


I. G. Pitana and P. G. Gayatri, Sosiologi Pariwisata. Yogyakarta: Andi, 2005.

E. Sugiarto and S. Sulartiningrum, Pengantar Akomodasi dan Restoran. Jakarta: Gramedia, 2003.

I. H. Witten, E. Frank, and M. A. Hall, Data Mining Practical Machine Learning Tools and Techniques 3rd Edition. Burlington: Elsevier, 2011.

M. Bramer, Principles of Data Mining. London: Springer, 2007.

F. Gorunescu, Data Mining Concepts, Models and Techniques. Berlin: Springer, 2011.

J. Han and M. Kamber, Data Mining Concepts And Techniques 2nd Edition. San Fransisco: Elsevier, 2006.

R. Xu and D. C. Wunsch II, Clustering. New Jersey: John Willey and Sons, 2009.

C. Vercellis, Business Intelligence Data Mining and Optimization for Decision Making. Cornwall: John Willey and Son, 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.