SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN MAHASISWA TERBAIK MENGGUNAKAN FUZZY MULTIPLE ATTRIBUTE DECISION MAKING DENGAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING

Norlaila Norlaila, Dikky Praseptian M

Abstract


Dunia pendidikan khususnya STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati merupakan perguruan tinggi yang memiliki kopetensi pada pendidikan komputer dan teknologi dengan siklus perputaran informasi yang sangat tinggi. Sehingga dalam pengambilan keputusan yang tepat untuk pemberian informasi yang lebih akurat sangat dibutuhkan. Dari sekian banyak keputusan yang diambil dari olahan data yang ada, salah satunya adalah pengambilan keputusan penentuan mahasiswa terbaik. Data yang diolah tidaklah sedikit, sehingga dibutuhkan sebuah sistem yang tepat pula. Banyak metode yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan, namun sering terjadi hal ketikjelasan atau ketidakpastian atau ketidaktepatan bahkan kurangnya informasi dan kebenaran parsial dalam pengolahan data. Maka metode Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM) dan Simple Additive Weighting (SAW) merupakan salah satu metode solusi yang tepat untuk menyelesaikan hal tersebut. Proses perhitungan diawali dengan pembobotan pada setiap kriteria disetiap alternatif yang ada, kemudian di formulasikan dengan persamaan yang telah ditentukan untuk penentuan matriks keputusan yang nantinya akan diperoleh nilai tertinggi dari hasil perengkingan. Pada akhirnya dengan metode FMADM dan SAW akan memberikan informasi mahasiswa terbaik yang lebih tepat. Sehingga akan sangat membantu para pengambil keputusan dalam penentuan wisudawan terbaik untuk diberikan penghargaan, selain itu mahasiswa terbaik dapat dijadikan rekomendasi pada perusahaan atau lembaga instansi yang membutuhkan tenaga ahli yang berkompetensi.


Full Text:

PDF

References


Zhiping Fan, Jian Ma, “An Approach Decision Making Based On Incomplete Information On Alternative” IEEE Trans. System Sciences, vol., no. 6, pp. 6014, January 1999.

Ita Arfyanti,Edy Purwanto, “Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Kelayakan Kredit Pinjaman Pada Bank Rakyat Indonesia Unit Segiri Samarinda Dengan Metode Fuzzy MADM (Multiple Attribute Decission Making) Menggunakan SAW (Simple Additive Weighting),” Semantik 2012, ISBN 979 - 26 - 0255 - 0, 23 Juni 2012.

Mohsen Alvandi, Majid Elahi, Mostafa Memarzade, Atefeh Hesaraki, “Developing a New MADM Method (SIGRA) by Integrating SIR and GRA Methods,” AJSR. American Journal of Scientific Research, no. 36, pp. 21-35, 2011.

Sri Kusumadewi, Sri Hartati, Agus Harjoko, Retantyo Wardoyo, Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM), Edisi Pertama, Yogyakarta:Graha Ilmu, 2006.

R. Frinkel, R. Taylor, R. Bolles, R. Paul, “An overview of AL, programming system for automation,” Teknologi untuk Perencanaan Wilayah dan Kota, [Online]. Tersedia : http://www.pwktech.info/?page_id=222 [Diakses 11 November 2013].

Henry Wibowo S,Riska Amalia, Andi Fadlun, Kurnia Arivanty, “Sistem pendukung Keputusan Untuk menentukan Penerima Beasiswa Bank BRI Menggunakan FMADM,” Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2009, ISSN: 1907-5022, 20 Juni 2011.

Wahyudi Setiawan, “Algoritma FMADM,” Belajar Ilmu Komputer ++ dari penelitian dan perkuliahan, [Online]. Tersedia : http://wahyudisetiawan.wordpress.com/2009/11/29/algoritmafmadm/ [Diakses 12 November 2013].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.