PEMODELAN PENGENALAN PENANDA AUGMENTED REALITY DENGAN METAIO CREATOR

Yudi Setiawan, Ridi Ferdiana, Rudy Hartanto

Abstract


Paper ini membahas pemodelan pengenalan penanda Augmented Reality (AR) yang dirancang dengan menggunakan Metaio Creator berbasis desktop, untuk memberikan informasi spesifikasi dari sebuah smartphone. Aplikasi ini bekerja dengan mengarahkan pc camera ke arah penanda, kemudian aplikasi akan memberikan informasi tambahan secara virtual mengenai smartphone tersebut. Informasi yang diterima oleh konsumen meliputi spesifikasi dan fitur unggulan smartphone. Pengujian dilakukan terhadap proses pengenalan penanda (natural printed AR marker) yang meliputi jarak jangkauan pengenalan penanda dan luas area penanda yang dapat dikenali oleh aplikasi AR. Hasil dari penelitian ini berupa jarak jangkauan yang baik antara penanda terhadap pc camera dan luas area penanda yang baik untuk ditangkap oleh pc camera. Sehingga user dapat mengetahui jangkauan dan luas area penanda yang baik dalam menjalankan aplikasi Augmented Reality.  


Full Text:

PDF

References


G. Klein, "Visual Tracking For Augmented Reality," Degree of Doctor of Philosophy, Department of Engineering, University of Cambridge, 2006.

D. Stricker and G. Bleser, "From Interactive to Adaptive Augmented Reality," in Ubiquitous Virtual Reality (ISUVR), 2012 International Symposium on, 2012, pp. 18-21.

Z. Xiang, N. Navab, and L. Shih-Ping, "E-commerce direct marketing using augmented reality," in Multimedia and Expo, 2000. ICME 2000. 2000 IEEE International Conference on, 2000, pp. 88-91 vol.1.

M. Hincaoie., A. Caponio., H. Rios., and E. G. Mendivil, "An Introduction to Augmented Reality with Applications in Aeronautical Maintenance," in ICTON 2011, 2012.

Anonymous. Tutorial 1 - Hello, World! | metaio Developer Portal. Available: http://dev.metaio.com/sdk/tutorials/hello-world/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.