SISTEM INFORMASI PEMBELAJARAN ”ASIK” BERBASIS TRY OUT UNTUK UJIAN NASIONAL SMP DI WILAYAH SEMARANG

Padjar Setyo Budi, Taufik Kurnialensya

Abstract


Sistem Informasi Pembelajaran ”ASIK” Try Out Untuk Ujian Nasional SMP di Wilayah Semarang merupakan suatu sistem informasi yang digunakan untuk membantu siswa memacu diri menyiapkan ujian nasional. Dengan diberikanya try out diharapkan siswa akan lebih mandiri terlatih, lebih siap menghadapi ujian. Kelebihan dari sistem ini adalah jawaban ujian akan langsung terkoreksi sehingga siswa akan langsung melihat nilai hasil ujian try out setelah dikerjakan. Sistem ini juga dilengkapi dengan pembahasan soal-soal yang dikerjakan, dan materi ujian yang bisa di ungguh oleh guru. Sistem ini dikelola oleh pihak guru sebagai pembuat dan penyedia bank soal ujian dan juga materi ujian. Dalam proses pelaksanaannya Sistem Informasi Try Out Ujian Nasioal ini menerapkan metode ”ASIK”, yaitu A(=Akal) siswa mampu memaksimalkan daya pikir atau memahami materi berupa soal ujian dengan lebih banyak berdiskusi dengan teman, S(=Sigap) siswa mampu untuk tangkas dan cepat dalam mengerjakan soal ujian, I(=Impresif) siswa dapat sharing ilmu dengan teman, saling berbagi ilmu dan guru dapat memberikan ilmu yang di miliki kepada siswa, K(=Kooperatif) siswa mampu kooperatif dengan teman maupun guru, guru dan siswa dapat bekerja sama dan bersedia membantu dalam memaksimalkan sistem informasi try out ujian nasional.  


Full Text:

PDF

References


Tata Sutabri, (2004), “Analisa Sistem Informasi” Andi Offset: Jogyakarta.

Hanif Al Fatta, (2007), “Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern” Andi Offset: Jogyakarta.

Abdul kadir, Terra Ch.Triwahyuni, (2003), “Pengenalan Teknologi Informasi” Andi Offset: Jogyakarta.

Eddy Sutanta, (2005), “Pengantar Teknologi Informasi” Graha Ilmu : Jogyakarta.

Bunafit Nugroho, (2007) “Trik dan Rahasia Membuat Aplikasi Web dengan PHP“, Gava Media, Yogyakarta.

Bunafit Nugroho, 2004, “PHP dan Mysql dengan editor Dreamweaver MX”, Andi Offset, Yogyakarta.

Aminudin, (2009), “Mahir Menggunkan Adobe Photoshop” PT. Puri Delco : Bandung.

Dian Nashirah , Umi Laili Yuhana, (2009),”Sistem Try Out Online Untuk Masuk Perguruan Tinggi Dengan ASP.Net” FTI ITS Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.