ANALISA KEMUNGKINAN CALON MAHASISWA BARU MEMILIH PRODI TEKNIK INFORMATIKA MELALUI PENERAPAN DATA MINING DECISION TREE

Oleh Soleh, Ollynia Devega, Pandu Lutfi Asoti, Katri Olivia

Abstract


Informasi mengenai mahasiswa merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah universitas. Dengan mengetahui informasi mengenai data diri, minat atau ketertarikan mahasiswa, sebuah universitas dapat mengambil berbagai kesimpulan yang dapat digunakan sebagai analisa dalam membuat sebuah keputusan. Decision tree merupakan metode yang paling banyak digunakan untuk membuat sebuah prediksi atau kemungkinan dalam mencari sebuah keputusan melalui klasifikasi dari sejumlah data yang besar dalam penerapan data mining. Kelebihan dari metode ini adalah dapat menganalisa data yang besar secara efektif agar mudah dipahami oleh pengguna akhir, serta daerah pengambilan keputusan yang sebelumnya kompleks dan sangat global, dapat diubah menjadi lebih simpel dan spesifik. Selain itu eliminasi perhitunganperhitungan yang tidak diperlukan, karena ketika menggunakan metode decision tree maka sample diuji hanya berdasarkan criteria atau kelas tertentu seperti kabupaten, kecamatan, jenis kelamin, fakultas dan prodi. Metode ini dapat diterapkan untuk menganalisa kemungkinan calon mahasiswa baru yang memilih prodi teknik informatika pada studi yang dilakukan di Universitas Islam Syekh Yusuf (UNIS) Tangerang dalam daerah pengambilan keputusan pada proses penerimaan calon mahasiswa tahun ajaran 2013/2014. Untuk membuat sebuah decision tree, dibutuhkan sejumlah sample dari data calon mahasiswa baru dan data mengenai universitas, terutama pada prodi teknik informatika melalui beberapa criteria. Dengan penerapan data mining decision tree, pihak universitas akan mengetahui seberapa besar minat dan ketertarikan calon mahasiswa baru, serta memprediksi seberapa banyak calon mahasiswa yang akan memilih prodi teknik informatika. Prediksi yang dihasilkan dari klasifikasi decision tree akan mempengaruhi pihak universitas dalam mengambil keputusan untuk tindakan selanjutnya.


Full Text:

PDF

References


Pudjiantoro,Tacbir Hendro, dkk. Penerapan Data Mining Untuk Menganalisa Kemungkinan Pengunduran Diri Calon Mahasiswa Baru. Konferensi Nasional Sistem dan Informatika; Bali, November 12, 2011.

Aini, Yulfita. Analisis Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Melanjutkan Studi Pada Perguruan Tinggi ( Studi Pada Universitas Pasir Pangaraian – Riau). Unpublished.

Swara, Jaka Adi. Aplikasi Data Mining Menggunakan Metode Decision Tree Untuk Pemantauan Distribusi Penjualan Sepeda Motor Di PD. Wijaya Abadi Bandung. Unpublished.

Wahyudin. Metode Iterative Dichotomizer 3 (ID3) Untuk Penerimaan Mahasiswa Baru.Jurnal Program Studi Ilmu Komputer, Universitas Pendidikan Indonesia, http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/PRODI._ILMU_KOMPUTER/WAHYUDIN/metode_ID3_untuk_mhs_baru.p df, diakses tanggal 18 Juli 2013.

Fayyad, Usama. (1996). Advance in Knowledge Discovery and Data Mining. MIT Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.