IMPLEMENTASI ALGORITMA FUZZY SEBAGAI PENGGALIAN INFORMASI KETERLAMBATAN KELULUSAN TUGAS AKHIR MAHASISWA DENGAN METODE DECISION TREE

Yusni Amaliah, Ummi Syafiqoh, Eviana Tjatur Putri

Abstract


Mahasiswa sebagai sumber ukuran institusi pendidikan, menjadi komponen penting untuk dikelola dengan baik adanya. Mahasiswa dengan tingkat keterlambatan kelulusan tugas akhir dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor termasuk diantaranya, tingkat prestasi, tingkat kesulitan materi tugas akhir dan waktu yang dibutuhkan. Metode decision tree dalam penelitian ini diintegrasikan dengan algoritma fuzzy untuk menggali informasi penyebab keterlambatan penyelesaian tugas akhir mahasiswa. Serta penentuan faktor terbesar penyebab keterlambatan kelulusan. Metode decision tree akan memberikan solusi dan jawaban terbaik dalam pencarian keterlambatan kelulusan mahasiswa. Teknik yang digunakan dalam aplikasi decision tree dengan algoritma C4.5, dimana data diklasifikasikan dan dipilih sesuai variabel dan atribut yang ada. Setelah dipilih, akan terlihat bagaimana kecenderungan keterlambatan mahasiswa, dengan mencari entropy dan gain tertinggi maka dibentuklah decision tree, kemudian didapatkan rules yang dimasukkan ke dalam aplikasi.


Full Text:

PDF

References


McLeod., R., Schell G, “Management Information System” 10thEd.,New Jersey :Prentice Hall International Inc.. 2007

Pressman, R. S., software engineering (A practitioner’S Approach), 5th Ed., prentice-hall International, Inc. 2001

Silberschartz., A., Korth, H.F.,Sudharshan,S., Database System Concepts, 4th e.d., Mc Graw Hill Companies,Inc. 2002

Suryadi., Kadarsah; Ramdhani, Ali, Sistem Pendukung Keputusan, Remaja Rosda Karya, Bandung.1998.

Supriono, Wardhana W., dan Sudaryo,“Sistem pemilihan pejabat struktural dengan metode AHP” Yogyakarta, 21-23 November

Sprague., R.H., dan Carlson 1982, Building Effective Decision Support Systems, Grolier, New Jersey. 2007

Turban, E., Aronson J.E. dan Liang,T.P., “Decission Support System and inteligent System (diterjemahkan oleh Prabantini, D., edisi 7, ANDI, Yogyakarta). 2005.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.