PERANCANGAN MODEL PENENTUAN PASSING GRADE DAN UANG PANGKAL

Hendro Mulyono Suhartanto, Ema Utami, Emha Taufiq Lutfi

Abstract


Perkembangan teknologi akan membantu memudahkan dalam mengambil keputusan. Salah satunya adalah pemanfaatan beberapa metode dalam pengambilan keputusan penentuan passing grade dan uang pangkal yang harus dibayarkan calon siswa-siswi baru. Sehingga dengan menggunakan teknologi yang ada diharapkan dapat menghemat waktu dan memperoleh hasil yang lebih akurat. Sistem pendukung keputusan ini dibangun dengan menggunakan metode TOPSIS Fuzzy MADM. Metode ini digunakan untuk menghasilkan rekomendasi keputusan yang akan diambil. Metode ini mengguna pembobotan dalam proses perhitungannya. Masingmasing variabel mempunyai bobot yang berbeda antara satu dengan lainnya sesuai dengan tingkat kebutuhannya. Hasil pengujian yang dilakukan terhadap sistem pendukung keputusan ini dilakukan sebanyak dua kali. Data training yang digunakan adalah data calon siswasiswi SMA Pangudi Luhur Van Lith Muntilan tahun ajaran 2012-2013 sebagai data training dan data tahun 2013-2014 sebagai data testing. Hasilny tingkat akurasinya adalah 79% untuk menggunakan data training dan 86% untuk menggunakan data testing.  


Full Text:

PDF

References


Himmah, F and Ciptomulyono, U. “Implementasi Metode AHP TOPSIS dalam Perangkingan Prioritas Pengerjaan Order dan Penentuan Lintas Kritis dengan Fuzzy PERT”. Surabaya. ITS, 2012.

Kosasi. Sandy, “Sistem Penunjang Keputusan (Decision Support System)”. Pontianak: Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer, 2002.

Kumar, Sammer dkk, “MADM Methods for Finding The Right Personnel in Academic Intitutions. Journal of U- and e- Service, Science, and Technology”, Vol 5, pp 133-144, 2013.

Lestari, Sri, “Implementasi Metode Fuzzy Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) untuk Seleksi Karyawan”. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada, 2011.

Wang, Y.M., & Elhag, T. M. S., “Fuzzy TOPSIS method based on alpha level sets with an application to bridge risk assessment Expert System with Applications, 31, 309-319”, 2006.

Wardani, Indira dkk. “Seleksi Supplier Bahan Baku dengan Metode TOPSIS Fuzzy MADM (Studi kasus: PT. Giri Sekar Kedaton, Gresik)”. Jurnal Sains dan Seni, Vol 1. No 1, PP 1-6, 2012.

Wulandari, Fera dkk, “Penentuan Produk Kerajinan Unggulan Dengan Menggunakan MADM-TOPSIS”. Magistra no 87. Tahun XXVI, 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.