PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI IMB BERBASIS WEBSITE (Dinas Tata Kota Dan Pertamanan Kota Ternate)

Aries Wibowo Ambara, Henry Baradian Asmara, Lasimin Lasimin

Abstract


Izin Mendirikan Banguna (IMB) merupakan salah satu contoh perizinan yang diatur meakanisme dan prosedurnya oleh pemerintah sesuai dengan undangundang dan perautan yang berlaku[1]. IMB dikelola oleh pemerintah daerah dan merupakan bagian dari pelayan publik bagi masyarakat yang akan mengajukan IMB. Pelayanan dan informasi yang cepat, mudah, efektif, efisien dan transparan menjadi standar indikator mutu pelayanan yang baik. Untuk mendukung tercapainya mutu pelayanan tersebut tentunya perlu didukung oleh berbagai unsur, antara lain dukungan dari unsur teknologi berupa sistem informasi yang terintegrasi. Sistem informasi Izin Mendirikan Bangunan Berbasis Website menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan mutu pelayanan bagi masyarakat yang akan mengajukan IMB tanpa harus datang ke kantor pemerintah atau dinas tataletak kota dan pertamanan untuk melakukan perijinan tersebut. Dinas tataletak kota dan pertamanan Kota Ternate telah mengimplementasikan sisitem informasi berbasis website, namun dengan metode analisis PIECES sistem informasi tersebut menurut analisis dan pengamatan penulis masih perlu dievaluasi pola mekanisme dan prosedur pengajuan IMB, selain itu juga perlu dikembangkan sisitem informasinya dari sisi fitur. Hasil analisis dan pengamatan penulis yang berdasarkan pada data dan informasi dari sistem informasi IMB Dinas Tataletak dan Pertamanan Kota Ternate diharapakan dapat membantu meningkatakan mutu pelayanan yang lebih efektif dan efisien.  


References


PP No.36 Tahun 2005 tentang Peraturan Pelaksanaan UU No. 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung.

Peraturan menteri dalam negeri nomor 32 tahun 2010 tentang pedoman pemberian izin mendirikan bangunan.

”Pertumbuhan Data IMB Dinas Tatakota dan Pertamanan Kota Ternate Tahun 2010 hingga 2014”. (http://tatakota.ternatekota.go.id/home Pertumbuhan Data IMB.jpeg, di akses pada tanggal 20 Desember 2014)

”Mekanisme dan Prosedur Permohonan IMB Hunian Rumah”.(http://tatakota.ternatekota.go.id/GISimb/prosedurRegis trasiGISimb Skema-1.png, di akses tanggal 21 Desember 2014)

Jogiyanto HM., Analisa & Desain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan PraktekAplikasi Bisnis, Edisi I, Andi Offset Yogyakarta, 1990.

Jogiyanto HM, Akt., MBA, Ph.D., Analisis & Desain Sistem Informasi : pendekatan terstruktur teori dan praktek aplikasi bisnis, ANDI Yogyakarta, 2001

Teguh Wahyono., SISTEM INFORMASI (Konsep Dasar, Analisis Desain dan Implentasi), Edisi Pertama, Penerbit Graha Ilmu, 2004.

Hall, Robert E. 2010. "Why Does the Economy Fall to Pieces after a Financial Crisis?" Journal of Economic Perspectives, 24(4): 3-20.

”Prosedur dan persyaratan pengurusan IMB dibedakan sesuai peruntukannya” (http://tatakota.ternatekota.go.id/GISimb/prosedurRegistrasiGISi mb#hunian, di akses pada tanggal 21 Desember 2014)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.