RANCANG BANGUN APLIKASI PENYUSUTAN AKTIVA TETAP

Safrizal Safrizal, Lili Tanti

Abstract


Tujuan suatu perusahaan adalah memperoleh laba yang optimal atas investasi yang telah ditanamkan dalam perusahaan. Salah satu bentuk investasi tersebut adalah aktiva tetap. Aktiva tetap (fixed assets) merupakan salah satu kelompok harta yang digunakan oleh perusahaan untuk mendukung kegiatan operasional perusahaan dalam melakukan aktivitasnya. Dimana dalam setahun, perusahaan dapat mengeluarkan ± 10.000.000 per tahun untuk membeli keperluan aktiva tetap. Dalam melakukan perhitungan aktiva tetap, perusahaan menerapkan sistem depresiasi (penyusutan) yang berguna untuk mengetahui penurunan nilai aktiva tetap karena pemakaiannya dan untuk mengetahui kapan diperlukan penggantian aktiva tetap. selama ini perhitungan penyusutan aktiva tetap dilakukan oleh bagian pembukuan yang dilakukan secara manual sehingga sulitnya mengidentifikasi aktiva yang akan habis masa penyusutannya dan pembuatan rekap laporan aktiva selama setahun yang harus melakukan penggabungan beberapa file menjadi satu. Selain itu, setiap perlengkapan kantor memiliki data aktiva penyusutan yang berbeda, yaitu tahun pembelian dan umur kegunaan dari aktiva tersebut. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini akan merancang sebuah Aplikasi Penyustan Aktiva tetap untuk membantu perusahaan dalam melakukan proses penyustan Aktiva Tetap yang mana Aplikasi yang dibangun dapat membantu perusahaan untuk menghitung secara cepat dan tepat dalam melakukan penyusutan aktiva tetap serta dapat menyajikan informasi penyusutan secara detail. Aplikasi ini juga dilengkapai dengan laporan dalam bentuk grafik yang digunakan untuk menampilkan perkembangan perolehan aktiva yang ada setiap periodenya. Metode penyustan Aktiva tetap yang ditanamkan di Aplikasi ini adalah metode garis lurus dan metode jumlah angka tahun didalam untuk menghitung penyustan Aktiva tetap.  


Full Text:

PDF

References


Zaki. B., 2004, Intermediate Accounting, Edisi Kedelapan, Yogyakarta; BPFE

Febe. M.T, Moh. S.S dan Arfan. Y, “Sistem Pengolahan Data Penyusutan Aktiva Pada PT. Ridho Agung Utama”, diambi pada tanggal 20 Desember 2014 http://wiki.kharisma.ac.id/ images/d/d7/51008064_20112-1.pdf.

Supardi dan Yuniar, 2007, Pemrograman Database dengan Java dan Mysql, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Sri Mulyani. NS, 2009, Peranan Metode Pengembangan System Development Life Cycle (SDLC) terhadap Kulaitas Sistem Informasi, Center For Accounting Development, Deparment of Accounting, Padjadjaran University, Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.