EVALUASI PERFORMANSI LAYANAN VOIP OVER WLAN PADA JARINGAN VOIP ON CAMPUS (VoC)

Iman Hedi Santoso, Rendy Munadi, Geo Unggul Putra

Abstract


VoIP on Campus (VoC) ini adalah sebuah aplikasi teknologi VoIP yang dapat dimanfaatkan oleh para mahasiswa, dosen, maupun warga kampus. VoIP on Campus ini memanfaatkan web server untuk memudahkan user melakukan registrasi VoIP, mengubah akun VoIP, dan juga melihat user lain yang aktif dan yang telah terdaftar di VoC. Pembangunan infrastruktur VoC pada dasarnya menggunakan asterisk sebagai server VoIP [8], kemudian server tersebut diinterkoneksikan dengan PBX, ENUM server, dan softphone baik pada komputer maupun smartphone. Perluasan area pelayanan VoC ini dapat dilakukan dengan membuat link antar gedung ditambahkan beberapa Accses Point (AP) dalam Jaringan WLAN yang dapat mengcover jangkauan keberadaan pelanggan diwilayah tersebut. Instalasi dan konfigurasi infrastruktur jaringan VoC baik hardware maupun software telah berhasil dilakukan, ditunjukkan dengan data QoS yang memenuhi persyaratan. Data penelitian menunjukkan, rata-rata throughput sebesar 133 kbps, delay 20 ms, jitter 6,1 ms, dan packet loss 0,2 %. Hal ini menunjukkan jaringan VoIP Campus yang telah dibangun dapat digunakan untuk komunikasi VoIP secara nirkabel dengan kualitas yang cukup baik.  


Full Text:

PDF

References


Davidson, Jonathan Voice Over IP Fundamentals, Cisco Press, 2000

Furuya, H.; Nomoto, S.; Yamada, H.; Fukumoto, N.; Sugaya, F., Experimental investigation of the relationship between IP network performances and speech quality of VoIP, 10th International Conference on Telecommunications (ICT 2003), March 2003.

Kuan-Ta Chen, Chun-Ying Huang, Polly Huang, Chin-Laung Lei, "Quantifying Skype User Satisfaction," ACM SIGCOMM 2006, Pisa, Italy, September 2006.

www.cisco.com, “Voice Over IP - Per Call Bandwidth Consumption”, 2006.

Purbo, Onno W (2007). VoIP Cikal Bakal “Telkom Rakyat”.Jakarta : Gramedia.

Tharom, Tabratas Onno W Purbo (2001). Teknologi VoIP (Voice over Internet Protocol). Jakarta : Gramedia.

D. Coleman, D. Westcott, “Certified Wireless Wireless Network Administrator (CWNA)”, Wiley Publishing.

http://www.asterisk.org/

Haniyeh K, Sameha A, Kashif N, Abas B.S, Halabi B.H,”Comprehensiv Review on VoIP over Wireless LAN Networks”, Computer Science Letter, Vol 2(2)-September 2010.

Purbo, Onno W, et.all, “Jaringan Wireless di Dunia Berkembang”, edisi kedua, Hacker Friendly LLC, http://hackerfriendly.com/

cisco.com, “Quality of Service for Voice over IP - CISCO”.

C. Maas, “Bandwidth used by the different codecs”, http://kb.kerio.com, 2013.

R. Munadi, “Teknik Switching”, Penerbit Informatika Bandung, 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.