IMPLEMENTASI PENGAMANAN DATA MENGGUNAKAN ENKRIPSI CAESAR CIPHER DENGAN KOMBINASI TABEL ASCII

Zulfidar Zulfidar, Achmad Fauzi

Abstract


Pada zaman yang semakin maju ini, keamanan merupakan hal yang paling penting untuk menjaga kerahasiaan data. Karena sering terjadinya banyak pihak yang tidak bertanggung jawab melakukan penyadapan terhadap informasi dan dapat merugikan pihak lain. dalam hal ini sangat terkait betapa pentingnya informasi dikirim dan diterima oleh orang yang dituju/menerima informasi.Informasi tidak akan berguna lagi apabila di tengah jalan informasi tersebut disada.Cara yang ditempuh adalah dengan kriptografi yang mengubah pesan sehingga pesan yang dikirimkan tidak dapat dibaca oleh pihak ketiga, karena itulah untuk menghindari kejadian tersebut maka pesan harus diubah sehingga pihak ketiga tidak bisa mengetahui isi pesan tersebut, salah satu teknik pengubahan pesan adalah dengan Caesar Cipher. Caesar cipher termasuk dalam salah satu teknik enkripsi kriptografi yang menggunakan cara substitusi. Tapi untuk memperkuat keamanan dalam caesar cipher maka caesar cipher itu dimodifikasi dengan cara menambahakan penggunaan tabel ASCII. Dengan memanfaatkan penggabungan caesar cipher dengan tabel ASCII maka kerahasian/keamanan dari pesan lebih terjaga dan akan tidak mudah diketahui oleh pihak lain karena pesan yang ada atau plaintext akan diubah menjadi deretan angka dan huruf yang tidak bisa ditebak.  


Full Text:

PDF

References


Kashish Goyal, Kinger Supriya, "Modified Caesar Cipher for Better Security Enhancement”,International Journal of Computer Applications Vol. 73,No 3, 2013.

Ariyus, Dony,”Computer Security”.Penerbit Andi, Yogyakarta, 2006

Ariyus, Dony,” Pengantar Ilmu Kriptografi: Teori, Analisis, dan Implementasi”.Penerbit Andi, Yogyakarta, 2008

Hermawati, Kuswari, “Implementasi Cipher Hill pada kode ASCII dengan memanfaatkan Digit Desimal Bilangan Euler”, Prosiding Seminar Nasional MIPA, 2006.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.