DIGITAL MONITORING PROYEK PERGANTIAN KWH METER DAN SEGEL PADA PT. ANDIKA ENERGINDO

Meta Amalya Dewi, Agus Prasetyo, Latif Hariyandi

Abstract


Seiring pertumbuhan ekonomi dan pembangunan yang kian pesat, mendorong terhadap kebutuhan jaringan tenaga listrik. PT. Andika Energindo merupakan salah satu anak peusahaan PT. PLN (Persero) untuk pekerjaan penggantian Kwh meter yang sudah rusak. Kerusakan yang terjadi diantaranya kaca pecah atau sudah buram sehingga angka stand meter tidak terbaca, meteran yang error atau tidak bisa isi token/pulsa bagi pelanggan prabayar, serta jenis kerusakan lainnya. PT. PLN (Persero) akan menginformasikan alamat pelanggan dan jenis kerusakannya, kemudian pergantian KWH meter akan dilaksanakan. Dalam rangka memenuhi kebutuhan pelanggan, sudah saatnya perusahaan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi sebagai upaya meningkatkan pelayanan terbaik kepada pelanggan terkait monitoring penyelesaian proyek yang diterima perusahaan dari PLN. Hanya saja monitoring yang berjalan masih sangat konvensional, yaitu dicatat pada buku laporan, sementara pencatatan yang tidak langsung sering menyebabkan kesalahan dan kesulitan pencarian bukti penyelesaian proyek, yang pada akhirnya monitoring menjadi sulit, lama dan tidak akurat. Paper ini membahas dan membangun aplikasi digital monitoring proyek pergantian KWH meter dan segel untuk memudahkan pimpinan dalam memantau penyelesaian proyek Penulis menggunakan metode desain eksploratori melalui tahap analisa dan pengembangan sistem berorientasi objek dengan software PHP, MySQL, Xampp dan Macromedia Dreamweaver CS5. Hasil akhir penelitian ini berupa aplikasi Digital Monitoring Proyek Pergantian KWH Meter dan Segel yang memudahkan pimpinan memantau penyelesaian proyek.  


Full Text:

PDF

References


Amrullah, Afif, 2011, “Langkah-Langkah Penggunaan UML (Unified Modeling Language)”. Bandung.

Budiman, Agustiar, 2012, "Pengujian Perangkat Lunak dengan Metode Black Box Pada Proses Pra Registrasi User Via Website”, Makalah, halaman: 4.

Gittinger, 1972, “Steps In Project Analysis”, Stanford University, Stanford, USA.

Henderi, 2008, “Unified Modeling Language (UML): Konsep dan Implementasinya Pada Pemodelan Sistem Berorientasi Objek dan Visual”.

Murad, 2010, “MetodeStruktur UML”, Bandung: Informatika.

Nugroho, Adi, 2010, “Analisis Perancangan Sistem Informasi dengan Metodologi Berorientasi Object”, Bandung: Informatika

Terry, George R., 1972, “Principles of Management”, Edisi ke-6, Illinois: Richard D. Irwin Homewood

Ward, John and Joe Peppard, 2002, “Strategic Planning for Information System”, Third Edition, John Willey & Sons, England.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.