EVALUASI TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI BERBASIS FRAMEWORK COBIT 5

Noorhasanah Noorhasanah, Wing Wahyu Winarno, Dani Adhipta

Abstract


Evaluasi tata kelola TI sangat dibutuhkan agar pengembangan dan penerapan teknologi informasi yang dimiliki menjadi semakin maksimal dan sesuai dengan standar internasional, serta berfungsi untuk memastikan bahwa TI organisasi menggunakan sumber daya secara efisien, mengamankan aset organisasi, menjaga integritas dan keamanan data organisasi, dan mencapai tujuan organisasi secara efektif. Penelitian ini menggunakan Framework COBIT 5, merupakan standar yang diakui dan diterima secara internasional, direkomendasikan untuk penerapan tata kelola TI yang baik serta merupakan edisi terbaru dari framework COBIT ISACA (Information System Audit and Control Association) yang menyediakan penjabaran tata kelola TI untuk menggambarkan peran utama dari informasi dan teknologi dalam menciptakan nilai perusahaan. COBIT 5 merupakan sebuah standar tata kelola TI (IT Governance) yang bersifat generik sehingga pengembangannya dapat berbeda-beda untuk setiap organisasi.  Penelitian ini menganalisis potensi dan status pengelolaan TI di organisasi, Hasilnya berupa rekomendasi tata kelola spesifik pada proses TI yang di anggap penting untuk mendukung kegiatan-kegiatan organisasi dan memberikan masukan agar investasi TI yang dimilikinya mempunyai model pengelolaan yang berstandar Internasional, dan menjadikannya enabler tercapainya tujuan visi misi organisasi. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah terciptanya model tata kelola TI yang sesuai standar internasional.


Full Text:

PDF

References


Aradea, Husni mubarok, R.Reza El Akbar, “Analisis tata kelola teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas layanan teknologi informasi pada perguruan tinggi”, Prosiding Seminar nasional ilmu Komputer. Ilmu Komputer Universitas Diponegoro, 2012.

Weber, Ron. “information System Control and Audit” Prentice Hall Inc., America. 1999.

ISACA, COBIT 5 : A Business Framework for the Governance and Management of Enterprise IT. USA: ISACA,2012.

ISACA,”Process Assessment Model (PAM), ” Using COBIT 5. Rolling Meadows, . IL, USA: ISACA, 2012.

Van Grembergen,Win.Steven De Haes, "Moving from IT Governance to Enterprise Governance of IF", jurnal ISACA,2009.

ITGI, ”Broad Briefing on IT Governance 2nd Edition,” IT Goveranance Institute, 2003.

Lacker,David; Tayan,Brian”Coorporate Governance Matters”, Pearson Education, 2011.

Guide Share Europe-Region Austria, IT Governance, November 18, 2004.

Sri Yulianti Lubis, “Rancangan Model Tata Kelola TI Untuk Mendukung Unjuk Kerja Dengan Pendekatan Struktur, Proses Dan Mekanisme Hubungan : Studi Kasus Badan Pelaksana Kegiatan Usaja Hulu Minyak Dan Gas Bumi (BPMigas),” Universitas Indonesia, Jakarta, Thesis 2008.

IT Governance Institute, Board Briefing on IT Governance. Rolling Meadows, IL, USA : IT Governance Institute, 2003.

IT Governance Institute, The Val IT Framework 2.0. Rolling Meadows, IL, USA : IT Governance Institute, 2008.

Peter Weill and Richard Woodham, “Social Science Research Network” [online]. http://papers.ssrn.com, 2012.

Peter Weill, and Jeanne W. Ross, “IT Governance; How Top Performers Manage IT Decision Rights for Superior Results”, Harvard Business School Press, Boston, USA, 2004.

Wim Van Grembergen and Steven De Haes, “Measuring and Improving IT Governance Through the Balance Scorecard,” Inforation System Control Journal, Vol.2, 2005.

Standart Australian, AS 805-2005 Coorporate Governance of Information &Communication Technology, Australia, 2005.

SACA, COBIT 5 : A Business Framework for the Governance and Management of Enterprise IT. USA: ISACA,2012.

ITGI, ”Broad Briefing on IT Governance 2nd Edition,” IT Governance Institute, 2003.

ISACA, cobit 5. Rolling Meadows, IL, USA: ISACA, 2012.

ISO/IEC, (2013, Oktober) ISO, [Online] http://www.iso.org/iso/home/store/catalogue_tc/catalogue_detail .htm?csnumber=37458


Refbacks

  • There are currently no refbacks.