KONSEP PENERAPAN SOLAR CELL UNTUK KEBUTUHAN ENERGI LISTRIK SEBUAH FAKULTAS DI PERGURUAN TINGGI DENGAN TEKNOLOGI SMS GATEWAY (STUDI: FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MARITIM RAJA ALI HAJI)

Sulfikar Sallu, Mohd. Iqbal

Abstract


Fakultas pada perguruan tinggi merupakan bagian institusi yang memiliki peran dan posisi strategis dalam mencapai tujuan pendidikan. Universitas Maritim Raja Ali Haji sebagai salah satu universitas termuda di Indonesia dan juga terletak pada provinsi baru diIbukota provinsi Kepulauan Riau. Kebutuhan Energi Listrik merupakan salah satu faktor yang dapat menunjang kemajuan sebuah institusi. Fakultas Teknik Universitas Maritim Raja Ali Haji mengalami masalah ketersediaan energi listrik itu. Energi Matahari hadir sebagai sumber energi alami yang dapat dijadikan energi listrik dengan menggunakan solar cell.Aplikasi SMS gateway dapat dijadikan sistem kontrol dalam penggunaan energi listrik. Metode yang digunakan adalah rancang bangun importif terapan.Langkah ini dilakukan berdasarkan analisis perancangan, pembuatan serta pengujian untuk meningkatkan, memperbaiki dan menyempurnakan keadaan sesuai dengan kenyataan praktis serta pengembangan pengetahuan.Tujuan utana penelitian ini adalah untuk membangun konsep yang menggabungkan teknologi menghasilkan energi listrik dari matahari dan sistem kendali listrik menggunakan teknologi SMS Gateway. Penelitian ini akan dilakukan analis teknik untuk memenuhi kebutuhan energi listrik pada fakultas teknik universitas maritim raja ali haji menggunakan matahari sebagai sumber energi.  


Full Text:

PDF

References


Data Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau.

Dokumen Pendirian Universita Maritim Raja Ali Haji

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral- Triwulan II- 2012

M.Mujib, Pembangkit Listrik tenaga Surya, sejarah solar cell, Risky Cahya Putra, Mei 2014.

Angelina Evelyn Tjundawan, Andrew Joewono, Sumber Energi Listrik Dengan Sistem Hybrid p.42-53, Widya Teknik Vol.10 No.1, 2011

Muhammad Irwansyah, Didi Ishardi, Pompa Air Menggunakan Solar Panel, Politeknik Negeri Batam, 2012


Refbacks

  • There are currently no refbacks.