PERANCANGAN BLENDED E-LEARNING BERBASIS PROBLEM-BASED LEARNING UNTUK MENDUKUNG ADAPTIVE LEARNING

Khafidurrohman Agustianto, Adhistya Erna Permanasari, Indriana Hidayah

Abstract


Learning technology (LT) yang digunakan untuk mendukung pendidikan (support learning) mencakup teknologi yang luas dan beragam. Salah satu bentuk penerapan teknologi ini adalah pembelajaran berbantuan komputer (PBK) sebagai pendorong tercapai proses pembelajaran yang lebih baik. Sebagai pendorong maka posisi e-learning yang merupakan salah satu bentuk penerapan PBK bertujuan sebagai pendamping proses pembelajaran. Sebagai pendamping proses pembelajaran, e-larning harus mampu memberikan nilai tambah pada proses dan hasil belajar siswa, salah satu indikatornya adalah e-learning yang menerapkan pendekatan model pembelajaran. Namun kebanyakan LMS yang ada saat ini masih mendukung kemampuan yang general, atau dengan kata lain tidak dikhususkan untuk menerapkan suatu model pembelajaran tertentu. Penelitian ini mengusung konsep baru blended e-learning bebasis problem-based learning yang diharapkan menjadi salah satu solusi keterbutuhan e-learning yang sesuai dengan kebutuhan kekinian.


Full Text:

PDF

References


G.-Z. Liu, N.-W. Wu, and Y.-W. Chen, “Identifying emerging trends for implementing learning technology in special education: a state-of-the-art review of selected articles published in 2008-2012.,” Res. Dev. Disabil., vol. 34, no. 10, pp. 3618–28, Oct. 2013.

C. C. Cingi, “Computer Aided Education,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 103, pp. 220–229, Nov. 2013.

N. Mumbai and O. Support, “Future Trends in E-Learning,” pp. 170–173, 2010.

A. Prof and S. Meejaleum, “The Construction of the onlinelearning in a group activity using blended learning on the information communication and network system at Grade 9,” no. Icctd, pp. 389–392, 2010.

N. Hoic-bozic, V. Mornar, I. Boticki, and S. Member, “A Blended Learning Approach to Course Design and Implementation,” vol. 52, no. 1, pp. 19–30, 2009.

N. R. Ergül and E. K. Kargın, “The Effect of Project based Learning on Students’ Science Success,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 136, pp. 537–541, Jul. 2014.

K. Gavin, “Case study of a project-based learning course in civil engineering design,” Eur. J. Eng. Educ., vol. 36, no. 6, pp. 547– 558, Dec. 2011.

T. Unit, “Fundamentals of Blended Learning,” 2013.

F. Alonso, “Intructional Model for E-Learning with a Blended Learning Proscess Approach,” Br. J. Educ. Technol., vol. 36, pp. 217–235, 2005.

J. Bersin, The Blended Learning Handbook, vol. 36. New York: Wiley, 2004.

D. Bath and J. Bourke, Blended Learning. Griffith University, 2010.

K. Thorne, Blended Learning, vol. 36. London, U.K.: Kogan Page, 2003.

M. T. D. Mohedo and A. V. Bújez, “Project based Teaching as a Didactic Strategy for the Learning and Development of Basic Competences in Future Teachers,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 141, pp. 232–236, Aug. 2014.

Suprijono, Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM, vol. 36. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

W. Yongxing, “Blended Learning Design for Software Engineering Course Design,” 2008 Int. Conf. Comput. Sci. Softw. Eng., pp. 345–348, 2008.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.