ANALISIS KEKUATAN AXLE BELAKANG KENDARAAN TRUK BERBASIS SOFTWARE SOLIDWORK

Firmansyah WahyuA.F.C1, Ery Muthoriq

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui carapemodelan dan kekuatan axle belakang kendaraan trukdengan menggunakan software Solidwork (FiniteElement Method). Langkah pertama dimulai denganperhitungan beban axle belakang truk. Beban yangdianalisis adalah beban static berupa berat kendaraandan muatan (GVW). Kemudian dilanjutkan denganpemodelan geometri axle housing. Setelah pemodelangeometri, langkah berikutnya adalah pemodelan bebandan tumpuan. Terdapat dua jenis pemodelan tumpuanyang dilakukan dalam penelitian ini. Model tumpuanyang pertama menggunakan tumpuan fix dan roller.Model tumpuan kedua adalah dengan menggunakantumpuan elastic support. Dari hasil analisis dua jenispemodelan tersebut dapat disimpulkan bahwa pemodelantumpuan yang paling mendekati kondisi sebenarnyaadalah jenis tumpuan elastic support.Dari simulasi Solidworks yang sudah dilakukan,yakni dengan tumpuan elastic support, dapat diketahuikekuatan axle belakang truk. Besar tegangan maksimumyang terjadi pada axle housing adalah 61 MPa.Sedangkan material yang digunakan memilki yieldstrength 497,5 MPa. Dari hasil tersebut dapat dihitungbahwa safety factor yang dihasilkan adalah 8,1.


Full Text:

PDF

References


Alimardani R,Mohtasebi S.S,Tarighi Javad,”Static and dynamicanalysis of front axle housing of tractor using finite elementsmethods”,pp 45-49,2011

] Shamsuddin A.K,Tajuddin S.M,et al,”Stress distribution of rearaxle housing by using finite elements analysis”,vol 3, pp 53-61,2014.[3] Prof .Dr.Kaukeart Boonchukosol:Vehicle structure analysis.

Babu Rajesh G,Rao N.A.N,”Static and modal analysis of rear axlehousing of a truck”,pp 69-76,2011

Luo kui Shi,Wang Ji-Xin,et al,”Static and dynamic strengthanalysis on rear axle of small payload off highway dump trucks”.

Rao Mukund ,”Bushing connector application in suspensionmodeling

A.y,Rozzaqi., J.Edy.,W.A,Surjo,”Pengembangan rancangan nozzlewaterjet untuk meningkatkan kecepatan renang pada tank BMP-3F(Infantry Fighting Vehicle)”,vol2,2013.[8]Romadhon Wahyudin,”Analisa kekuatan dan kemuluran rantaisupra x 125 dd

Sadikin Ali,”Perancangan rangka chasis mobil listrik untuk 4penumpang menggunakan software D Siemens NX8”,2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.