SISTEM INFORMASI MANAJEMEN TESIS MAGISTER TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA

Beni Suranto, Ramadani Ramadani

Abstract


Prosedur tesis di Magister Teknik Informatika Universitas Islam Indonesia (UII) selama ini masih dilaksanakan secara manual, mulai dari pengajuan proposal, penjadwalan ujian proposal, proses pembimbingan, hingga penjadwalan ujian pendadaran. Belum adanya sistem informasi yang menangani proses bisnis terkait prosedur tesis menyebabkan layanan kepada mahasiswa menjadi terhambat. Permasalahan utama yang muncul adalah pada aspek efisiensi, di mana setiap tahapan dalam prosedur tesis membutuhkan waktu yang cukup lama. Selain itu, kualitas informasi dari data-data tesis masih rendah dan belum bisa dimanfaatkan secara optimal. Dalam penelitian ini, penulis mengembangkan sebuah sistem informasi manajemen yang dapat meningkatkan efisiensi dan fleksibilitas prosedur dan layanan tesis di Magister Teknik Informatika. Dalam tahap analisis kebutuhan dan perancangan, penulis menggunakan metode berorientasi objek dengan notasi perancangan berupa diagram UML. Sistem dikembangkan dengan bahasa pemrograman PHP pada framework Laravel dengan MySQL sebagai perangkat lunak manajemen basis data. Sistem yang dikembangkan memiliki fungsionalitas yang mampu membantu mahasiswa, dosen pembimbing, dan staf Magister Teknik Informatika UII dalam melakukan aktivitas-aktivitas terkait dengan prosedur dan layanan tesis. Dari hasil pengujian dengan metode User Acceptance Test (UAT), sistem yang dikembangkan telah sesuai dengan kebutuhan dan ekspektasi dari stakeholder terkait di lingkungan Magister Teknik Informatika UII.


Full Text:

PDF

References


Magister Teknik Informatika FTI UII. Penduan Akademik Program Pascasarjana Magister Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta: Magister Teknik Informatika FTI UII, 2014.

Rainer, R. K., & Cegielski, G. C.. Introduction to information system: Enabling and transforming business, 2011.

Gomaa, H.. Software modeling and design: UML, use cases, patterns, and software architectures. Cambridge University Press, 2011.

Bagui, S., & Earp, R.. Database design using entity-relationship diagrams. CRC Press, 2011.

Matula, T.. Laravel Application Development Cookbook. Packt Publishing Ltd., 2013


Refbacks

  • There are currently no refbacks.