PENERAPAN ALGORITMA AHC ALGORITHM DALAM APLIKASI PEMBAGIAN KELAS SISWA BARU

Marjiyono Marjiyono

Abstract


Pengelompokan siswa sering dilakukan di sekolah. Dengan mengelompokkan siswa dengan baik maka diharapkan akan mempermudah dalam proses belajar mengajar. Agglomerative Hierarchical Clustering Algorithm atau biasa disebut AHC Algorithm merupakan suatu algoritma untuk mengcluster berdasarkan jarak kedekatan obyek sehingga metode ini dapat diterapkan dalam proses pengelompokan siswa. Untuk dapat menerapkan algoritma ini maka dibuat suatu aplikasi berbasis web yang dapat mengcluster siswa degan baik. pembuatan aplikasi dilakukan dengan perencanaan, perancangan dan implementasi. Dalam implementasi, digunakan array multidimensi untuk menyimpan data sementara pada perulangan perhitungan. Setelah aplikasi selesai dibuat, maka di bandingkan dengan perhitungan manual sehingga dapat di ketahui bahwa algoritma di dalam aplikasi telah berjalan dengan baik.


Full Text:

PDF

References


http://www.ub.edu/included/docs/INCLUDED_actions%20for%2 0success.pdf:“Actions For Succes in School in Europe”, 17 Februari 2013.

J. Han and K Micheline, Data Mining Concepts and Technique, Morgan Kaufmann, 2001.

R. Margo dan E. Ari Eka, penerapan algoritma clustering untuk mengelompokkan ketertarikan siswa berdasarkan aktivitas di model pembelajaran elektronik,2014.

T. Humasak, implementasi metode hierarchical clustering pada data genetic microarray. 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.