Pelatihan Program Madrasah Digital Di Ponpes Saat Pandemi Covid-19

Muhammad Idris Purwanto

Abstract


Kemajuan teknologi di bidang digital, saat ini mulai merambah dalam dunia pendidikan. Teknologi tepat guna mulai diterapkan dalam menunjang pendidikan di ruang belajar. Tampaknya teknologi memiliki peran yang positif di tengah siswa dan guru dalam menghadapi banyak persoalan pendidikan. Sehingga hadirnya membawa banyak perubahan yang tentunya menjadikan segala sesuatu menjadi lebih mudah dalam penyelesaiannya.
Tidak dapat dihindari bahwa peran serta teknologi membuat guru/ustadz mejadi lebih mudah dalam menyampaikan materi pelajaran yaitu melalui animasi-animasi, guru lebih mudah mengoreksi hasil ujian dengan ujian berbasis komputer, serta kontrol absensi siswa/santri yang mudah dengan bantuan mesin absensi,dan dapat membantu mengurusi administrasi guru sehingga laporan menjadi lebih praktis. Oleh karenanya, kinerja guru akan lebih baik berkat munculnya teknologi. Lebih-lebih program yang dicanangkan oleh pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) yaitu program gebrakan dalam menyongsong tahun 2021 pendidikan berbasis digital yang diupayakan untuk menyiapkan ekosistem pendidikan yang berbasis digital guna merangkul kemajuan teknologi dan kesiapan semua elemen dalam menghadapi revolusi industry 4.0. Dalam upayanya tersebut tentunya perlu adanya infrastuktur, guru dan kurikulum yang dijalankan. Mengingat arah kebijakan ujian berbasis nasional telah digantikan dengan ujian (asesmen kompetensi minimum survey karakter) yang diselenggarakan oleh madrasah masingmasing.
Untuk itu Pondok Pesantren Terpadu Al Mumtaz yang merupakan mitra dalam program pengabdian masyarakat ini berkhidmah untuk menerapkan pendidikan berbasis teknologi digital di pendidikan pondok pesantren. Kehadiran teknologi digital diharapkan sebagai sarana penunjang dan peningkatan kualitas pendidikan, terutama pendidikan formal di madrasah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.