Pelatihan Pembuatan Media Ajar Berbasis Video Dan Foto Untuk Guru Sekolah Taman Kanak-kanak

Muhammad Tofa Nurcholis, Mulia Sulistiyono

Abstract


Selama masa pandemi, kegiatan Kegiatan belajar mengajar di KBRA Khoiru Ummah tidak dapat berjalan optimal, semua kegiatan yang melibatkan siswa sebisa mungkin dibatasi untuk mengurangi rantai penularan covid 19. Hal ini membuat Kegiatan belajar mengajar di KBRA Khoiru Ummah kesulitan untuk menyelenggarakan kegiatan secara optimal. Kegiatan belajar mengajar kemudian dilakukan menjadi kegiatan daring dan home visit yang dilakukan langsung oleh guru dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat. Salah satu tantangan yang dihadapi selama mengadakan kegiatan daring ini adalah pembuatan konten video pembelajaran bagi para murid, konten poster dan undangan untuk orang tua wali. Berdasarkan wawancara yang dilakukan dengan guru KBRA Khoiru Ummah, ditemukan adanya permasalahan yaitu kurangnya pemahaman para guru terhadap pembuatan alur cerita (Story board) dalam membuat video serta desain bitmap. Para guru masih memerlukan adanya panduan dalam menghasilkan alur cerita (Story board) serta desain bitmap. Kesulitan yang dihadapi antara lain dalam mengolah foto dan video , mengedit foto dan video, dan menghasilkan konten grafis yang bersumber dari gambar bitmap. Selain untuk keperluan organisasi, kemampuan menguasai software editing video dan desain grafis juga dapat diterapkan oleh para guru untuk membuat karya desain yang memiliki nilai manfaat yang baik. Solusi yang akan diberikan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menyelenggarakan kegiatan pelatihan secara luring dan daring pembuatan alur cerita (Story board) dalam membuat video konten dan desain grafis dengan menggunakan software video editor..

Refbacks

  • There are currently no refbacks.