Pemanfaatan Marketplace Dalam Meningkatkan Pendapatan Bagi Penjualan Produk UMKM

Andika Agus Slameto

Abstract


Bagi Usaha Kecil Menengah (UKM), tantangan yang dihadapi tidak hanya tentang produk yang dihasilkan, akan tetapi juga tentang strategi pemasaran untuk bisa bersaing dengan produk-produk yang sudah lebih dulu dipasaran. Banyak cara yang dapat digunakan untuk memasarkan sebuah produk baik melalui cara offline maupun secara online. Saat ini pemasaran online menjadi hal yang umum dilakukan mengingat masyarakat yang sudah melek terhadap teknologi yang ada. Selain dari segi teknologi, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap belanja online juga semakin meningkat. UKM harus dapat membuat strategi pemasaran online bagi produknya agar lebih dikenal. Dalam hal tersebut, perlu adanya pendampingan kepada UKM dari beberapa praktisi untuk meningkatkan pengetahuan tentang strategi pemasaran online sehingga produk yang dihasilkan mudah dikenal masyarakat dan dapat meningkatkan keuntungan penjualan.
Mitra dalam pengabdian masyarakat ini bergerak dibidang usaha pemotongan ayam kelas mikro. Usaha ini dirintis oleh ibu sumi sejak tahun 2011 secara pintu ke pintu di sekitar perumahan yang terdapat di wilayah tempat tinggal mitra. Usaha ini dengan diawali dengan modal kurang lebih 2 juta rupiah. Saat ini usaha jual beli dan rumah potong ayamnya sudah berkembang sedemikian cepat dengan omzet sehari kurang lebih Rp. 300.000,-. Semenjak Pandemi Covid-19 berlangsung mulai maret 2020 penjualan ayam potong mitra turun dibandingkan sebelum pandemi. Persoalan yang dihadapi adalah media pemasaran yang digunakan saat ini hanya menggunakan Whatsapp dimana akses informasi dari media ini masih terbatas tergantung jumlah kontak pemilik akun WA. Padahal dalam kemajuan teknologi seperti saat ini, promosi bisa dilakukan dengan cara lain sehingga dapat menjangkau pasaran yang lebih luas. Untuk membantu persoalan tersebut, maka dilakukan pelatihan tentang strategi pemasaran online untuk mitra.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.