PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN BAGI PENDIDIK DI SMP NEGERI 5 WONOGIRI

Toto Indriyatmoko

Abstract


Pandemi memberikan dampak yang sangat besar bagi semua lini kehidupan, termasuk dari sektor pendidikan. Sekolah yang harusnya bertatap muka dipaksa untuk melakukan pengajaran melalui daring. Siswa belajar di depan komputer sedangkan guru dihadapkan dengan masalah baru yang cukup kompleks. Dampaknya, mereka dipaksa membiasakan diri belajar secara daring. Masalah berlanjut kepada kondisi pendidik yang sebagian besar sudah berusia lanjut juga merupakan salah satu hambatan yang tidak boleh disepelekan.Belajar teknologi bagi pendidik muda bukan suatu hal yang sulit, namun bagi para pendidik yang sudah berusia lanjut tentunya merupakan sebuah masalah yang harus dipecahkan. Sudah satu tahun pandemi belum menunjukkan akhir, sementara pendidikan harus tetap berjalan dan pendidik senior yang ada di SMP Negeri 5 Wonogiri belum bisa mengikuti arus itu. Akibatnya banyak materi yang harusnya sudah tersaji menjadi tertunda karena faktor ketidaksiapan pengajar dalam melakukan pengajaran secara daring. Materi yang telah disampaikan hanya bersifat ala kadarnya melalui pesan whatsapp. Masalah tersebut menimbulkan masalah lain dari sisi siswa. Mereka menjadi kurang antusias dan materi tidak dapat diserap dengan baik. Oleh karena itu perlu dilakukan pelatihan pembuatan video pembelajaran bagi guru SMP Negeri 5 Wonogiri dilakukan oleh profesional untuk memberikan edukasi terhadap pendidik tersebut agar dapat membagikan ilmunya dengan baik meskipun di era pandem.

Full Text:

PDF

References


N. H. Zhafira, Y. Ertika, dan Chairiyaton, “Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19,” J. Bisnis dan Kaji. Strateg. Manaj., vol. 4, hal. 37-45, 2020.

A. Akhirman, “Pengaruh Aplikasi Zoom Kuliah Daring Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi – UMRAH Pada Masa Pandemi Covid 19,” Bahtera Inov., vol. 3, no.2, hal. 103–109, 2021.

F. Irmada dan I. Yatri, “Keefektifan Pembelajaran Online Melalui Zoom Meeting di Masa Pandemi bagi Mahasiswa,” J. Basicedu, vol. 5, no. 4, hal. 2423–2429, 2021.

Asmuni, “Jurnal Paedagogy : Jurnal Paedagogy :,” ikanJurnal Paedagogy J.

Penelit. dan Pengemb. Pendid, vol. 7, no. 4, hal. 281–288, 2020.

A. Cahyani, I. D. Listiana, dan S. P. D. Larasati, “Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid19,” IQ (Ilmu Al-qur’an) J. Pendidik. Islam, vol. 3, no. 01, hal. 123–140, 2020.

T. Suryansah dan S. Suwarjo, “Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas Iv Sd,” J. Prima Edukasia, vol. 4, no. 2, hal. 209, 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.