PENGENALAN MODEL HUNIAN SEHAT PRODUKTIF DI LINGKUNGAN PERKOTAAN UNTUK KELUARGA SEJAHTERA DI MASA PANDEMI COVID19

RR. Sophia Ratna Haryati

Abstract


Konsep kota sehat merupakan cerminan bahwa kesehatan merupakan masalah umum yang harus diimplementasikan dilakukan oleh sektor kesehatan dan non kesehatan, pemerintah, publik dan swasta. Peran keseluruhan masyarakat adalah kunci untuk mengatasi masalah perkotaan selain dukungan pemerintah. Salah satu kendala perencanaan kota yang sehat adalah kurangnya partisipasi aktif masyarakat dalam perencanaan kesehatan masyarakat, padahal penyelenggaraan kota sehat dapat dilakukan dengan pemberdayaan masyarakat yang berperan menentukan arah, prioritas, perencanaan pembangunan wilayah sekitar huniannya, yang mengintegrasikan berbagai aspek untuk mewujudkan kawasan yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk ditinggali warga. Fungsi hunian sebagai tempat tinggal dalam suatu lingkungan yang seharusnya dilengkapi dengan prasarana dan sarana yang diperlukan manusia untuk memasyarakatkan dirinya. Akan tetapi masih sering terjadi, minimnya pemahaman dan peran masyarakat dalam menciptakan hunian yang sehat,

Pada kampung Baluwarti yang merupakan desa wisata budaya di Kompleks Keraton Surakarta terdapat Kelompok PKK RW.06 Kelurahan Baluwarti Surakarta merupakan kelompok ibu-ibu penggerak PKK di tingkat RW yang kegiatannya meliputi kegiatan sosial kemasyarkatan di bidang kesehatan, pelayanan posyandu, kader puskesma, sosialisasi tanaman obat, serta penyuluhan perilaku hidup bersih. Sehingga sangat tepat untuk menggandeng kelompok penggerak PKK terutama di tingkatan RW, agar lebih dapat tepat sasaran dalam menciptakan suatu hunian yang sehat, nyaman, serta mendukung produktifitas penghuninya di tengah situasi yang masih terdapat bayang-bayang pandemi COVID-19


Full Text:

PDF

References


Adrian, Kevin. (2020). Pentingnya Menerapkan Social Distancing Demi Mencegah COVID-19.

Mei 2020. (https://www.alodokter.com/pentingnyamenerapkan-social-distancing-demi-mencegahcovid-19)

Amelia, Luci. (2020). Pentingnya menerapkan Protokol Kesehatan untuk Melindungi Keluarga di Rumah. 30 September 2020. (https://hellosehat.com/coronavirus/hidupsehat-bersih-di-rumah/#gref)

Chamid, Ahmad Abdul. (2016). Penerapan Metod Topsis Untuk Menentukan Prioritas Kondisi Rumah, Jurnal SIMETRIS Vol. 7 No. 2 November 2016.

Kadiranti, Maulina. (2020). Tips Cegah COVID-19 di Rumah? Buat Ventilasi yang Cukup dan Lakukan Hal Ini! Senin, 23 Maret 2020 (https://idea.grid.id/read/092073281/tipscegah-covid-19-di-rumah-buat-ventilasi-yangcukup-dan-lakukan-hal-ini?page=all)

Tim Humas RSST. (2020). Protokol Kesehatan Di Luar Dan Di Dalam Rumah Untuk

Melindungi Keluarga Dari COVID-19. 30 September 2020. (https://rsupsoeradji.id/protokol-kesehatan-diluar-dan-di-dalam-rumah-untuk-melindungikeluarga-dari-covid-19/)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.