PELATIHAN TEKNIK DASAR FOTOGRAFI SMARTPHONE SEBAGAI MEDIA MENUMBUHKEMBANGKAN KREATIVITAS BAGI PEMUDA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA DRONO, KLATEN

Ni’mah Mahnunah, Irfan Rifani, Vanny Namiroh

Abstract


Saat ini istilah fotografi sudah lekat keberadaannya dengan masyarakat terutama bagi kalangan anak muda dan generasi milenial. Hal ini dapat dilihat dari hadirnya teknologi fotografi sederhana di berbagai perangkat elektronik yang salah satunya adalah smartphone. Pada era digital seperti saat ini berbagai bidang pekerjaan maupun kegiatan sosial masyarakat membutuhkan tenaga fotografer untuk menghasilkan suatu gambar yang baik sebagai bukti dokumentasi kegiatan maupun pengembangan produk lokal. Untuk menjawab tantangan ini, generasi muda yang sebagian besar juga sudah memiliki smartphone dituntut memiliki kemampuan lebih untuk menghasilkan sebuah gambar yang memiliki nilai seni dan nilai jual secara ekonomi. Keberadaan organisasi Muda-Mudi RW 01 Drono bisa dipandang sebagai peluang sebagai mitra untuk melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan topik Pelatihan Teknik Dasar Fotografi Smartphone. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarat ini dinilai dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai teknik dasar fotografi untuk diaplikasikan dalam fotografi smartphone, memberikan pengalaman melalui workhshop untuk mempratekkan pengambilan foto dengan menerapkan teknik dasar fotografi, meningkatkan kreativitas dan keterampilan untuk menghasilkan foto-foto yang baik dan memiliki nilai seni, serta mendorong munculnya kreativitas dan keterampilan dalam bidang fotografi yang berpeluang untuk diaplikasilan dalam pengembangan usaha mandiri yang dapat meningkatkan nilai tambah secara ekonomi.

Full Text:

PDF

References


Erlyana, yana dan Hendia Hansen. 2021. “Pelatihan Fotografi dan Videografi secara Virtual dalam Peningkatan Kemampuan Diri Pada Pandemic Covid-19”. Dalam Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan Volume 5 No.1. Maret 2021.

Haqqu, Rizca, dll. 2020. “Fotografi sebagai Media Kreativitas Anggota Dekranasda Jawa Barat untuk

Memasarkan Produk Unggulannya”. Dalam Journal of Community Services Vol. 1, No.3.

Lestari, Putu Astri. 2020. “Pelatihan Teknik Fotografi Menggunakan Smart Phone untuk Meningkatkan Nilai Produk Hasil Kerajinan Tangan di Yayasan Kasih Peduli Anak Kota Denpasar”. Dalam Jurnal Lentera Widya Volume 1. No.2. Juni.

Purwanto, Yudi dan Mira Veranita. 2018. “Pelatihan Fotografi Dasar bagi Pelaku Usaha Kecil dan Menengah (Ukm) Kecamatan Lengkong Kota Bandung”. Dalam Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas Volume 02. No.02. Maret.

Solihin, Muhammad. 2020. “Pelatihan Optimalisasi Smartphone untuk Foto Produk dan Digital Marketing bagi UMKM”. Dalam https://www.kompasiana.com/mohammadsolihin/5f9e5a0dd541df5b2e3e9bb2/pelatihanoptimalisasi-smartphone-untuk-foto-produk-dandigital-marketing-bagi-umkm?page=all. Diakses 14 April 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.