IKLAN UNTUK MENINGKATKAN PENYEBARAN INFORMASI PADA STARTUP MATRASH YOGYAKARTA DENGAN MOTION GRAFIS

Mei Parwanto Kurniawan, Deden Maulana Yusuf

Abstract


Indonesia merupakan negara penghasil sampah terbesar kedua di dunia setelah China. Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyatakan bahwa sampah Indonesia setiap tahunnya mencapai 64 juta kilogram, dan ironisnya hanya 7% yang dapat dikelola dengan baik dan ditambah dengan sekitar 8,8 juta ton sampah plastik yang dibuang ke laut dan sungai setiap tahun karena pengelolaan yang tidak baik. Padahal pemerintah telah telah menetapkan target pengelolaan 70% timbunan sampah nasional melalui Peraturan Presiden (Perpres) No.97 Tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis, rupanya hal ini tidak berjalan sesuai harapan.

Jumlah produksi sampah terus meningkat dan hanya dibantu oleh 12,5 % masyarakat yang mengelola sampah dengan baik (BPS, 2017) sehingga diperlukan terobosan untuk meningkatkan besarnya kesadaran masyarakat untuk mengelola sampah sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini. Matrash merupakan aplikasi yang bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat dengan menghubungkan tempat pembuangan sampah, TPS dan bank sampah sebagai mitra agar sampah yang dihasilkan masyarakat dapat dikelola untuk didaur ulang dengan baik agar dapat meminimalisir pencemaran lingkungan.

Dunia digital yang berkembang semakin pesat memberikan tantangan tersendiri bagi sebuah perusahaan untuk membuat iklan dengan ide dan gagasan yang unik serta menimbulkan feedback yang positif bagi perusahaan maupun masyarakat. Sebab semakin tinggi tingkat ketertarikan konsumen terhadap iklan yang dibuat, maka akan berbanding lurus dengan ketertarikan konsumen terhadap produk maupun jasa yang ditawarkan sang pembuat iklan tersebut

Matrash merupakan salah satu startup penyedia layanan pengelolaan limbah berbasis aplikasi mobile yang berasal dari Yogyakarta. Aplikasi Matrash dibuat dan dikembangkan menggunakan metode pemikiran desain dan validasi pasar dengan alat Model Bisnis Canvas. Saat ini fitur aplikasi Matrash berjalan 100% dan telah diuji pasarnya. Karena sejalan dengan poin 12 SDGs, Matrash siap membantu Indonesia menyelesaikan permasalahan lingkungan untuk tujuan pembangunan berkelanjutan. Selain itu, melalui Matrash juga membantu pemulung untuk meningkatkan pendapatan mereka. Matrash masih terbilang sebuah startup baru dan belum banyak dikenal oleh masyarakat luas. Media iklan matrash berupa video yang dibagikan di kanal Youtube dan saat ini mempunyai 5 subscriber dan 1 video yang telah ditonton sebanyak 179 kali ditonton. Sehingga matrash belum terpublikasi dengan baik dan penyampaian informasi yang kurang optimal, untuk itu maka pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk membuat suatu video profile yang dimaksudkan untuk membuat iklan agar lebih mengenalkan tentang sejarah, tujuan perusahaan dan keunggulan yang ada pada Matrash agar dapat menambah daya tarik masyarakat luas


Full Text:

PDF

References


Safitri, P. A., Purba, W. S., & Zulkifli, M. (2018). Statistik Lingkungan Hidup Indonesia2018 (N. Iriana, A. Apriyanto, & N.Supriyani,Ed.).Jakarta:Badan Pusat Statistik.

Undang-Undang No.18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah.

https://www.bps.go.id/publication/2018/12/07/d8cbb5465bd1d3138c21fc80/statistiklingkungan-hidup-indonesia-2018.html

Soeprapto,H.,&Semuel,H.(2018). AnalisaPengaruhCelebrity Endorsement Credibility Pada Iklan Pocari Sweat Terhadap Brand Image Dan Attitude Towards The Brand. Jurnal Strategi Pemasaran, 5.

Satria Rusdiansyah & Leonard (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Motion Graphic Matematika Berbasis Android pada Siswa Kelas V SD Semester 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.