SOSIALISASI DAN EDUKASI ETIKA KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL PADA CLUB PANJI SAKTI (CPS) SINGARAJA

Kadek Kiki Astria

Abstract


Media sosial adalah satu produk kemajuan teknologi yang saat ini sangat diminati oleh masyarakat diberbagai belahan dunia, tak terkecuali di Indonesia. Saat ini media sosial menjadi salah satu media yang digunakan untuk melakukan pemasaran. Kegiatan pemasaran dengan metode online sangat diminati oleh pelaku bisnis karena kemudahan dan efisiensi biaya operasional yang ditawarkan. Namun permasalahan yang muncul adalah penggunaan media sosial sebagai salah satu bentuk strategi pemasaran tidak diimbangi dengan pengetahuan pelaku bisnis online akan adanya etika penggunaan media sosial dalam memasarkan produk mereka. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan sumbangsih edukasi terkait etika komunikasi pemasaran di media sosial. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dalam bentuk edukasi dan sosisaliasasi yang dilakukan secara tatap muka Bersama mitra pengabdian yaitu Club Panji Sakti (CPS) Singaraja. Hasil pencapaian dari sosialisasi dan edukasi ini terlihat bahwa audience mulai memahami adanya etika komunikasi pemasaran yang berlaku di media sosial, audience memiliki pengetahuan tentang hal-hal apa saja yang harus dilakukan dan tidak dilakukan agar tidak melanggar etika yang berlaku, serta audience mampu mengapliaksikan pengetahuan mereka dalam aktivitas pemasaran di media sosial.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. Yatimin, 2006. Pengantar studi Etika. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Adhani, Rosihan. 2014. Etika dan Komunikasi. Banjarmasin : PT. Grafika Wangi Kalimantan

A Shimp, Terence. 2001. Periklanan Promosi Pemasaran Terpadu Jilid 2. Jakarta: Erlangga

Franks Jefkins. 2004. Public Relations Jakarta : PT. Gelors Aksara Pertama Erlangga

Kasali, Rheinald. 2005. Manajemen Public Relations Konsep dan Aplikasinya. Jakarta : PT. Pustaka Grafiti

Kotler, Philip.2003. Manajemen Pemasaran. Edisi kesebelas, Jakarta: Indeks kelompok Gramedia.

Kontler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga

Peter, J Paul dan Olson, Jerry C., Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Edisi keempat, Erlangga.

Shella Kurnia Sari. 2012. Pengaruh Citra Perusahaan Terhadap Minat Konsumen (Evaluasi Penjualan Jasa Kamar Aston KarimunCity Hotel). Jurnal Pemasaran

Tety Catur Pratiwi dan Tetty Widyastuti. 2008. Analisis Citra Perusahaan terhadap Keputusan Pembelian Motor Merek Yamaha di CV Alvina Indah Motor Blitar. Jurnal Manajemen Terapan Vol.3. no.2


Refbacks

  • There are currently no refbacks.