PELATIHAN YOUTUBE CONTENT CREATION UNTUK SARANA PUBLIKASI KAMPUNG MINAWISATA SIBUDIDIKUNCIR GARONGAN

Joko Dwi Santoso, Erfina Nurussa’adah

Abstract


Kegiatan dalam sebuah kelompok adalah membangun jejaring informasi dan penyampaian informasi melalui Youtube. Kelompok Mina Taruna menyadari semakin banyak orang mengetahui informasi dan pengalaman melihat suasana perikanan berbasis kincir air dan juga potensi perikanan dan pemandangan di Kampung Garongan dapat menjadi daya Tarik orang untuk datang. Semakin banyak orang yang mengetahui Kampung Perikanan Garongan maka akan semakin banyak konsumen yang membeli produk di kampung perikanan Garongan. Di sisi lain semakin mengenal kampung Garongan dapat menjadi sarana memperkenalkan Desa Minawisata SIBUDIDIKUNCIR lebih cepat.

Kelompok Mina Taruna telah melakukan pembuatan video terkait pasar ikan garongan dan juga video tanya jawab mengenai kampung Garongan dan potensi didalamnya. Namun seluruh video tersebut diproduksi Bersama pihak ketiga, dan pengunggahan video tersebut juga dari pihak ketiga. Kelebihaannya jumlah penonton banyak, namun disisi lain tidak adanya keberlanjutan dan pemantauan terkait pengunjung chanel tersebut sehingga sulit mengetahui potensial konsumen yang dapat ditargetkan.

Solusi yang tepat untuk diterapkan untuk kelompok Mina Taruna sebagai persiapan pengembangan Desa Mina Wisata SIBUDIDIKUNCIR Garongan dan juga sebagai penyampaian informasi secara berkelanjutan maka perlu dibuatnya serangkaian Pelatihan Youtube Content Creation sebagai sarana publikasi Kampung, yang mampu memberikan informasi secara sederhana, menarik dan terkesan santai mengajak secara halus. Diharapkan dengan diadakannya Pelatihan Youtube Content Creation ini kelompok Mina Taruna mampu menyiapkan content video, mengelola unggahan dan juga dapat di monetize.


Full Text:

PDF

References


Abrar Fajar Ramadhan, Dinda Amanda Zuliestiana, 2019, Analisis Pemanfaatan Youtube Sebagai Social Media Marketing Go-Jek Dalam Mempengaruhi Minat Beli Dan Loyalitas Terhadap Brand, Jurnal Mitra Manajemen, vol.3, No.4, pp. 628-637.

Taat Kuspriyono, 2019 Analisis Strategi Pemasaran Produk di Di YouTube Melalui Subscriber Tertinggi dan Kualitas Tayangan Iklan Terhadap KeputusanPembelian Produk, Cakrawala-Jurnal Humaniora. Vol 19, No 2 , pp 165-171

ED LAWRENCE, 2019, How to Improve Your YouTube Video Views, socialmediaexaminer, dilihat

April 2021,

Ridandi Bintang Pamungkas, 2020, Ingin Mengukur Performa Video Anda? Gunakan YouTube Analytics!, Niagahoster, dilihat 14 April 2021


Refbacks

  • There are currently no refbacks.