MEDIA PEMBELAJARAN SOCIOFUN BERBASIS MOBILE SEBAGAI PENUNJANG PROSES PEMBELAJARAN SOSIOLOGI KELAS X DI SMAN 1 TURI

Irma Rofni Wulandari, Laily Nur Hamidah, Yuli Astuti, Lilis Dwi Farida

Abstract


Pada awal 2021, SMAN 1 Turi menerapkan pembelajaran daring sebagai tindakan pencegahan COVID 19. Pada proses pembelajarannya, materi diberikan melalui whatsapp group, zoom, atau google meeting. Proses kegiatan belajar mengajar melalui daring ini mengalami banyak hambatan seiring berjalannya waktu. Salah satu mata pelajaran yang mengalami hambatan dalam penyampaian materi secara daring adalah mata pelajaran Sosiologi. Banyak peserta didik yang terkendala dengan kuota dan sinyal, sehingga saat mengikuti pembelajaran menggunakan media konferensi sering terputus-putus terutama suara dari guru ketika sedang menjelaskan. Jika kuota habis atau sinyal buruk, sering kali peserta didik tertinggal materi. Mata pelajaran Sosiologi tidak diajarkan di Sekolah Menengah Pertama, peserta didik kelas X (sepuluh) mendapatkan mata pelajaran Sosiologi dan langsung mempelajari materi sosiologi seperti sejarah dan teori-teorinya. Hal ini membuat peserta didik tidak fokus dan cepat bosan, sehingga guru membutuhkan inovasi yang lebih menarik untuk menjelaskan materi tersebut. Salah satu solusi yang dapat diterapkan untuk mengatasi hambatan-hambatan yang ada ketika peroses pembelajaran adalah dengan menggunakan media pembelajaran. Berdasarkan analisis situasi tersebut, perlu adanya inovasi media pembelajaran sebagai penunjang proses kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran Sosiologi. Proses pembelajaran melalui daring banyak menggunakan perangkat mobile seperti smartphone, sehingga media pembelajaran berbasis mobile diharapkan dapat digunakan sebagai pendukung proses kegiatan belajar mengajar. Luaran dari kegiatan ini adalah tersedianya aplikasi mobile media pembelajaran SocioFun sebagai penunjang proses pembelajaran Sosiologi.

Full Text:

PDF

References


Padmaningrum, Regina tutik, 2013, Pemilihan dan Penggunaan Media Dalam Proses Pembelajaran. Makalah ini disajikan pada kegiatan “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran IPA Berbasis Lingkungan Bagi Guru Sekolah Dasar sebagai Persiapan Penerapan Kurikulum 2013 di SD Kanisius Klepu pada tanggal 6,7, dan 13 September 2013. Jurdik Kimia, UNY, Yogyakarta.

Wulandari,I.R and SR, Asrofin Widhyantomo Rahardjo, 2019, “Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Islam Terpadu (Sdit) Baitussalam 2 Cangkringan Melalui Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif”, Seminar Hasil Pengabdian Masyarakat. UNIVERSITAS AMIKOM Yogyakarta, 30 November 2019, ISSN : 2615-2657.

Rahmawati, Anjar Dwi, dkk, 2015, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Pada Mata Pelajaran Basis Data Untuk SMK”, Prosiding SENTIA,Volume 7 – ISSN: 2085- 2347


Refbacks

  • There are currently no refbacks.