PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MELALUI PEMBUATAN GAME EDUKATIF UNTUK MENUNJANG PROSES BELAJAR MENGAJAR PESERTA DIDIK PADA BA AISYIYAH JABUNG

Ika Nur Fajri

Abstract


Proses belajar mengajar di Bustanul Athfal (BA) Aisyiyah Jabung Kecamatan Gantiwarno pada masa darurat Covid-19 dilakukansecara daring. Semua proses pembelajaran dilakukan menggunakan smartphone. Guru-guru BA Aisyah rata-rata memiliki kesulitandalam membuat materi yang menarik untuk peserta didiknya serta mengubah materi dari materi yang bersifat offline menjadi online. Untuk menunjang keberhasilan dalam menyampaikan materi yang dilakukan secara online perlu dilakukan perubaha cara penyampaian, yang diharapkan materi dapat diserap oleh siswa lebih maksimal. Game merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk menyampaikan materi dengan menarik, dengan cara penyampaian yang menarik harapanya siswa menjadi lebih antusias dalam mengikuti proses belajar mengajar meskiun dilakukan secara online. Pengabdian dilaksanakan dengan Memberikan edukasi tentang berbagai macam teknologi yang dapat digunakan untuk membuat bahan ajar yang menarik secara daring serta mengajarkan dan mendampingi mitra dalam pembuatan game yang bersifat edukatif dengan menggunakan Scratch. Pengabdian kepada masyarakat ini direncanakan untuk meningkatkan kompetensi guru BA.

Full Text:

PDF

References


Aula, S., Ahmadian H, Majid, B, A, 2020, “Analisa dan perancangan game edukasi student adventure 2D menggunakan Scratch 2.0 pada SMK Negeri 1 Al- Mubarkeya”, Cyberspace : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, Vol. 4, No.1, hal. 21-28.

Toheri, Nuraenafisah, 2018, Pengaruh Penggunaan Scratch terhadap Kreatifitas Berfikir Matematis (Studi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas VIII MTs Negeri Ketanggungan Kabupaten Breber), Tugas akhir. Fakultas Tarbiyah, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.