PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH MASYARAKAT PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELURAHAN KOTABARU

Ika Afianita Suherningtyas, Rizky Rizky, Sola Tri Astuti, Desri Wahyuni

Abstract


UMKM adalah usaha yang dimiliki secara perseorangan dan/atau badan usaha perseorangan yang berdiri sendiri. UMKM berkontribusi 61,1% terhadap PDB tahun 2018 dari total pelaku usaha di Indonesia. Pandemi Covid-19 yang melanda sebagian besar negara di dunia menyebabkan penurunan pertumbuhan ekonomi. Bencana ini menyebabkan turunnya tingkat pariwisata yang berdampak besar terhadap perekonomian daerah, salah satunya Daerah Istimewa Yogyakarta tepatnya di Kelurahan Kotabaru. Kelurahan Kotabaru terkena dampak Covid-19 yang menyebabkan penurunan konsumen dari kalangan UMKM. Penurunan tersebut membutuhkan pembenahan dan pengembangan usaha baru, serta sesuai dengan protokol kesehatan. Hal tersebut dapat disiasati dengan mengadakan pelatihan branding UMKM dan digital marketing guna menekan penyebaran virus Covid-19. Pelatihan menggunakan metode peer coaching yang bertujuan agar masyarakat mampu memasarkan produk dengan tetap menerapkan protokol kesehatan serta mampu menggunakan media sosial untuk branding dan pemasaran produk. Pelatihan dilakukan secara online dan tatap muka. Dari pelatihan yang dilakukan tentang pemahaman branding dan digital marketing didapatkan bahwa 62,5% memiliki klasifikasi kelas pemahaman tinggi dan 37,5% memiliki kelas pemahaman sedang. Hasil tersebut dapat memberikan dampak positif bagi UKM Pawon Gotro, kesadaran untuk menambah pengetahuan dan menerapkannya dalam bisnis yang dijalankan dapat membantu UKM Pawon Gotro untuk bangkit kembali meski di masa pandemi Covid-19.

Full Text:

PDF

References


BPS. (2020). Kecamatan Gondokusuman Dalam Angka 2020. DI Yogyakarta: BPS.

Candra, A. I., dkk. (2021). Digital Marketing untuk Kewirausahaan Pesantren Di Masa Pandemi COVID-19. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol.5 No.1,1-6.

Data Pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta. (2021, Agustus). Portal Informasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Retrieved from Data Kependudukan: https://kependudukan.jogjakota.go.id/publik/a pplication/portal/page/20180502154612.html

Fitriyanti, F., & Astuty, I. Pengembangan Pemasaran Online Umkm Almeera Emping Dalam Rangka Meningkatkan Produktivitas Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 27(3), 247- 251.

Gainau, P. C., Rawun, Y., & Rumenser, P. PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO DI MASA Pandemi Covid-19 Melalui Pengolahan Buah Kelapa Oleh Pelaku Usaha Perempuan Di Desa Kembes 1, Kecamatan Tombulu, Kabupaten Minahasa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 27(3), 226- 231.

Inderawati, M. M. W., Sulistyaningsih, E., Aldi, B. E., Pratikto, A., Efendi, E., Kusumahadi, T. A., ... & Silalahi, E. E. Penyusunan Modul Rencana Keberlangsungan Bisnis Bagi Umkm Indonesia Untuk Merespon Dampak Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 27(3), 238-246.

Rosalina, dkk. (2017). Sosialisasi Pentingnya Customer Relationship Management (CRM) Dalam Upaya Meningkatkan Retensi PelangganPada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Di Cilegon. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol.1 No.1, 40-43.

Suherningtyas, I. A. (2018). Analisis Strategi Usaha Mikro Kecil Menengah dalam Menghadapi Asean Economic Community di Kecamatan Tegalrejo Yogyakarta. MKG, 19(2), 121-130.

Suherningtyas, I. A. (2019). Analisis Spasial Persebaran Usaha Kecil Menengah Di Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Geografi, 101107.

Suherningtyas, I. A., & dkk. (2021). Peningkatan Kesiapsiagaan Masyarakat dalam Menghadapi Pandemi Covid 19 di Kelurahan Kotabaru Kota Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, Vol. 6 No. 1, 217-232.

Suherningtyas, I. A., Pitoyo, A. J., Permatasari, A. L., & Febiarta, E. (2021). Kapasitas Ketahanan Masyarakat Dalam Menghadapi Bencana Pandemi Covid-19 Di Wilayah Perkotaan (Studi Kasus: Kampung Krasak RT 16, RW 04, Kelurahan Kotabaru, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta). Jurnal Ketahanan Nasional, 27(1), 16-38.

Susanti, E. (2020). Pelatihan Digital Dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi Pada UMKM Di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat , Vol.1 No.2, 36- 50.

Theresia, dkk. (2015). Pembangunan Berbasis Masyarakat. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.