PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING DAN PENCATATAN KEUANGAN DIGITAL PADA TOKO KELONTONG DI MASA PANDEMI COVID-19

Ismadiyanti Purwaning Astuti

Abstract


Pandemi Covid 19 mempunyai dampak yang cukup besar pada penurunan ekonomi di segala sektor baik rumah tangga, Usaha Kecil Menengah (UKM) dan perusahaan. Hal tersebut juga dirasakan oleh Warung Kelontong Nur yang omset selama pandemi menurun tajam. Warung Kelontong Nur merupakan suatu toko kecil yang menjual berbagai macam kebutuhan rumah tangga. Pemilik toko yang bernama Nur Rohmah Dwi Martanti dibantu oleh 2 orang karyawan menjual barang antara lain mie instan, telur, rokok, tepung, mie telur, sabun mandi, pasta gigi, pampers, macam-macam snack dan lain-lain. Permasalahan yang dihadapi adalah Warung Kelontong Bu Nur belum melakukan pemasaran secara digital pada produk yang dijual dan pencatatan keuangan masih sangat sederhana dan belum tercatat dengan baik. Solusi yang dapat diberikan oleh tim pengabdian masyarakat adalah memberikan pendampingan mengenai digital marketing dan pencatatan keuangan secara digital. Kegiatan pengabdian ini mempu memberikan berdampak positif yang dapat dilihat dari peningkatan omset yang diperoleh Warung Kelontong Bu Nur.

Full Text:

PDF

References


Shimp, T., A., 2014. Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi. Jakarta:

Salemba Empat.

Stelzner, 2012. How Marketers Are Using Social Media to Grow Their Business. Social Media Markeitng Industry report.

Wardhana, A., 2015. Analisis Faktor-faktor Pembentuk Service Recovery pada Top Brand Perusahaan Penyedia Jasa Rental Mobil di Indonesia berdasarkan persepsi pelanggan korporasi. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Sosial, Ekonomi dan Humaniora (pp. 15-22). ISSN 2089- 3590.

Adani, Muhammad Robith. Desember 2020. https://www.sekawanmedia.co.id/belajar-digitalmarketing/.

Ramadhan, Arief. 20 Agustus 2021. https://www.pcplus.co.id/2021/08/aplikasipencatatan-keuangan/.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.