PELATIHAN DIGITAL MARKETING UNTUK ASKOMTA SEBAGAI SARANA MENINGKATKAN PROMOSI USAHA DI MASA PEMULIHAN EKONOMI AKIBAT PANDEMI COVID-19

Hendra Kurniawan

Abstract


Pandemi covid-19 yang terjadi di Indonesia saat ini telah membawa dampak di berbagai sektor. Tidak hanya sektor kesehatan yang ditandai dengan banyaknya masyarakat yang terinveksi covid-19, tetapi juga sektor ekonomi yang mengalami dampak serius. Salah satunya, banyak pelaku usaha yang mengalami penurunan omzet atau pendapatan. Menurut data dari Badan Pusat Statistik bahwa 8 dari setiap 10 perusahaan mengalami penurunan pendapatan selama masa pendemi covid-19. Apabila kondisi seperti ini terus-menerus berlangsung, maka dapat dikhawatirkan banyak pelaku usaha yang akan gulung tikar. Askomta (Asosiasi Ekonom MTA) yang bertindak sebagai mitra merupakan sebuah wadah bagi para pelaku ekonomi jamaah warga MTA (Majlis Tafsir Al-Qur’an). Tujuannya untuk mewujudkan ekonomi yang kuat dan mandiri, khususnya bagi warga MTA yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Salah satu misi mitra adalah mendorong berkembangnya pelaku ekonomi baik dalam manajemen, pengetahuan usaha, relasi usaha, dan kemampuan penguasaan teknologi. Akan tetapi, ada beberapa kendala yang saat ini dihadapi oleh mitra, seperti aspek permodalan, teknik promosi konvensional, dan terbatasnya pengetahuan dalam pemanfaatan teknologi. Oleh sebab itu, dukungan dalam bentuk pelatihan digital marketing sangat tepat bagi mitra agar mampu mencapai tujuannya. Diharapkan melalui pelatihan ini mampu meningkatkan wawasan dan keterampilan warga dalam melakukan promosi usaha atau produk yang lebih baik, yaitu dengan menerapkan digital marketing.

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. (2020). Analisis Hasil Survei Dampak Covid-19 Terhadap Pelaku Usaha. BPS RI

Amir, N. O. (2019). Penerapan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Pedagang Bunga Di Desa Sidomulyo Kota Batu. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA) 3 (4): 681-688


Refbacks

  • There are currently no refbacks.